Sukses

Meski Diprotes, Ritel Milik CT Tetap Dibangun di Pusat UKM Smesco

Gedung Smesco merupakan fasilitas bagi pelaku koperasi, usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan serta memasarkan beragam produknya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Trans Retail Indonesia berencana membangun gerai Carrefour di kompleks gedung Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco). Pembangunan ritel raksasa modern yang sahamnya 100% dikuasai Chairul Tanjung (CT) ini akan direalisasikan pada semester II 2014.  

"Benar kami akan membangun Carrefour di kawasan gedung Smesco," ungkap Head of Corporate Affairs Trans Retail Indonesia, Satria Hamid Ahmadi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Jumat (30/5/2014).  

Berdiri menjulang, Gedung Smesco yang terletak di bilangan Gatot Subroto ini berfungsi sebagai tempat promosi dan pameran produk-produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional.

Gedung tersebut merupakan fasilitas bagi pelaku koperasi, usaha kecil dan menengah (KUKM) untuk mengembangkan serta memasarkan beragam produknya. Selain itu, menjadi tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan KUKM.

"Kami langsung menyasar lokasi gedung Smesco karena merupakan sentra UKM. Apabila disatukan maka akan menjadi kekuatan penuh untuk memajukan potensi UKM di seluruh Indonesia," jelas Satria.

Lanjutnya, pengelola Smesco dan Carrefour mempunyai visi misi sama dalam rangka pengembangan UKM. Sebab, dia mengklaim bahwa ritel modern ini berambisi menjadi rumah serta role model bagi UKM.

Satria mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan pengelola Smesco untuk merealisasikan rencana tersebut. Pembangunan gerai Carrefour di Smesco, katanya, sudah mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah.

"Pak Gubernur DKI Jakarta sudah mendukung penuh. Sedangkan pemerintahan pusat, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Pertanian juga memberi dukungan dengan sama-sama blusukan ke sentra UKM di Tanah Air," terang Satria.

Dia berharap, pembangunan gerai Carrefour bisa terealisasi pada semester II 2014. "Mudah-mudahan bisa berdiri semester II tahun ini dan berkontribusi terhadap ratusan UKM unggulan yang ada di Smesco," tandasnya.  (Fik/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini