Sukses

Bosowa Akui akan Akuisisi Bukopin tapi Tak Penuh

Manajemen PT Bosowa Corporindo telah menyiapkan dana untuk menambah kepemilikan saham bank Bukopin menjadi 30%.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bosowa Corporindo mengatakan proses akuisisi terhadap PT Bank Bukopin  Tbk telah masuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pihaknya membantah akan mengakuisisi saham PT Bank Bukopin Tbk hingga 50%.

Namun demikian, Managing Director PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa belum bisa menyebut berapa besaran dana untuk mengakuisisi PT Bank Bukopin Tbk. Selain menunggu persetujuan OJK, pihaknya juga masih terikat dengan komitmen pemegang saham lama.

"Dana yang kami siapkan ke depan sudah siap. Tapi memang untuk harga kami belum bisa buka karena kami terikat informasi terhadap pemegang saham lama," kata dia, Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Di sisi lain, pihaknya juga menyangkal isu yang mengatakan Bosowa akan mengakuisisi  50% saham Bukopin. Hal tersebut, kata dia jika Bosawa mengakuisisi saham pada kisaran itu maka akan melanggar ketentuan yang dikeluarkan Bank Indonesia.

"Sesuai aturan yang dikeluarkan BI, karena kami non perbankan, maka kami akuisisi 30% porsi saham Bukopin sesuai dengan peraturan," kata dia.

Sementara itu, ke depannya Bosawa belum berencana melakukan akuisisi terhadap lembaga pembiayaan yang lain. Ia menegaskan, selain fokus terhadap akuisisi Bukopin, pihaknya juga sedang fokus pada lembaga pembiayaannya milik perseroan.

"Tidak ada. Kami sekarang sudah mempunyai lembaga pembiayaan. Kami sedang ekspansif juga di situ. Dengan  tim market kami di Indonesia Timur, kami akan komplit. Kami punya dua lembaga pembiayaan, Sadira finance dan  bosowa finance yang  yang cukup bagus pertumbuhannya di grup kami. Asuransi juga growthnya di atas rata-rata," tukas dia.

Grup Bosowa berniat menambah kepemilikan saham di PT Bank Bukopin Tbk yang dimiliki Kopelindo. PT Bosowa Corporindo akan membeli sekitar 1,45 miliar saham. Rencana penambahan pembelian saham ini juga berhubungan dengan perjanjian pengikatan jual beli saham pada 29 November 2013.

Dengan penambahan saham itu, PT Bosowa Corporindo akan mengenggam 30% saham PT Bank Bukopin Tbk. Sebelum penambahan saham ini, kepemilikan saham bank Bukopin antara lain Kopelindo sekitar 29,52%, Bosowa Corporindo sekitar 18,57%, pemerintah sekitar 11,43%, dan masyarakat sekitar 40,48%. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini