Sukses

700 Ribu Wajib Pajak Diyakini Laporkan SPT Lewat Elektronik

Dirjen Pajak menargetkan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) para wajib pajak (WP) tahun 2013 mencapai 700 ribu WP.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jendral Pajak (Dirjen Pajak) menargetkan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) para wajib pajak (WP) tahun 2013 mencapai 700 ribu WP.

Direktur Penyuluhan dan Humas Dirjen Pajak, Kismantoro Petrus mengungkapkan target tersebut dilandaskan pada pengoptimalan aplikasi e-Filing yang sudah dilakukan sepanjang 2013.

"Target diharapkan paling tidak 700 ribu (WP) dulu tahun ini, syukur bisa lebih, itu kan sudah 20% karena ini tawaran bagi kita bagi wajib pajak," katanya di Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Kismantoro mengungkapkan hingga bulan Februari, jumlah WP yang menggunaka e-Filing untuk melaporkan pajaknya di tahun 2013 tercatat sudah mencapai 150 WP.

Hal itu diharapkannya akan semakin meningkat mengingat DJP dan berkejasama dengan para konsultan pajak yang tergabung dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

"Kan kalau mau menggunakan e-Filing itu harus mendapatkan e-Fin dulu dan diaktivasi. Nah sekarang yang sudah mendapatkan e-Fin itu 870 wajib pajak, dan 150-nya sudah melaporkan SPT nya," terang Kismantoro.

e-Filing adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi WP dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi Dropbox maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Hal ini merupakan salah satu terobosan baru pelaporan SPT yang digulirkan DJP untuk membuat WP semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

e-Filing bisa didapatkan dengan melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP), yang beralamatkan di www.pajak.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini