Sukses

Tekuk Jepang, Korsel Rebut Medali Emas Sepak Bola Putra Asian Games 2018

Liputan6.com, Bogor - Timnas Korea Selatan U-23 merebut medali emas cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 usai mengalahkan Timnas Jepang U-23 dengan skor 2-1 (0-0) di final, yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (1/9/2018) malam WIB.

Pertandingan final sepak bola Asian Games 2018 itu harus berakhir hingga babak tambahan setelah kedua tim bermain 0-0 hingga 90 menit waktu normal. Dua gol Korsel sendiri tercipta pada menit ke-93 lewat Lee Seung-Woo dan menit ke-101, Hwang Hee-Chan, sementara Jepang membalas melalui Ayase Ueda pada menit ke-115.

Statistik penguasaan bola didominasi Korea Selatan dengan 64 persen berbanding 36 persen penguasaan oleh Jepang. Korea masih mendominasi dengan serangan-serangan.

Statistik percobaan tendangan Korea Selatan masih lebih banyak, yaitu 11 percobaan dengan tiga tendangan mengarah gawang. Sementara Jepang yang bermain lebih banyak bertahan hanya mencatatkan lima percobaan tendangan dan satu yang mengarah ke gawang pada babak pertama.

Namun, Korsel sendiri kesulitan mendapatkan kesempatan untuk bisa memimpin lebih dulu. Para pemain Jepang tampil disiplin di babak pertama. Hingga turun minum, skor bertahan tetap 0-0.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

2 dari 2 halaman

Babak 2

Memasuki babak kedua, pola permainan tidak jauh berbeda seperti pada pertandingan babak pertama. Korea Selatan lebih sering menyerang dengan serangan cepat, pada kubu Jepang pun masih menampilkan pertahanan yang apik meski kerap diserang.

Sementara Jepang sesekali mencuri kesempatan dengan melakukan serangan balik memanfaatkan kelengahan Korea Selatan.

Heung Min Son sempat melancarkan tendangan dari luar kotak penalti, tapi sayang tendangan datarnya masih dapat diatasi oleh kiper Jepang di menit 55.

Jepang sempat mencuri bola dari pemain bertahan Korea Selatan dan langsung menyerang memanfaatkan kelengahan tim lawan di menit 61. Namun tendangan Yuto Iwasaki masih melenceng dari target.

Beberapa kali Korea Selatan mencoba menciptakan peluang, namun beberapa kali juga pemain bertahan Jepang yang berlapis masih bisa mematahkan serangan. Hingga 90 menit waktu berjalan, skor tidak berubah tetap 0-0. 

Di babak perpanjangan waktu, malah tercipta tiga gol. Gol pertama Korsel lahir berkat aksi Lee Seung-Woo pada menit ke-93. Mereka menggandakan keunggulan melalui sundulan Hwang Hee-Chan, yang memanfaatkan umpan Son Heung-Min pada menit ke-101. 

Jepang membalas lewat Ayase Ueda pada menit ke-115. Beberapa kali Jepang sempat mendapat kans untuk menyamakan kedudukan, namun hingga laga berakhir, Korsel tetap menang 2-1 atas Samurai Biru Muda. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sejarah Baru Tim Sepak Takraw Indonesia Seusai Raih Medali Emas Asian Games 2018
Artikel Selanjutnya
Ungkapan Kekecewaan Pengunjung Super Store yang Antre Sejak Pagi demi Merchandise Asian Games 2018