Sukses

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Puji Aksi Individu Saddil

Masuknya Saddil membuat ritme permainan Timnas U-23 berubah.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan 4-0 Timnas Indonesia U-23 atas Taiwan pada laga perdana Grup A tak lepas dari kecerdikan pelatih Luis Milla. Tiga pergantian pemain yang dilakukan terbukti jadi kunci kemenangan skuat Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 mengawali laga Grup A dengan menghajar Taiwan di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Sebelumnya, sempat ada kekhawatiran skuat Garuda Muda bakal mengakhiri laga dengan hasil mengecewakan.

Maklum, banyak peluang yang terbuang meski Timnas Indonesia U-23 mendominasi babak pertama. Untungnya, dengan cerdik Luis Milla memasukkan Saddil Ramdani menggantikan Irfan Jaya di menit ke-60 untuk mengisi sisi kanan serangan Timnas U-23.

Hasilnya, aksi individu Saddil cukup banyak yang merepotkan para pemain Taiwan hingga kehilangan konsentrasi. Karena Saddil pula ritme permainan Timnas U-23 berubah hingga akhirnya memecahkan kebuntuan di menit ke-67 lewat sundulan Stefano Lilipaly.

"Di setiap momen akan selalu terjadi hal seperti itu. Irfan bermain dengan baik, mengaplikasikan apa yang saya mau dan mengerti strategi dengan baik. Tapi ia kelelahan. Saddil punya bakat, bisa satu lawan satu dengan kecepatannya," ujar Milla usai laga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konrtribusi Hargianto

Selain memasukkan Saddil, keputusan tepat dalam melakukan pergantian pemain juga diperlihatkan Milla dengan memasukkan Muhammad Hargianto menggantikan Evan Dimas Darmono di menit ke-67. Buktinya, Hargianto ikut menyumbang gol di menit ke-90+3.

"Siapa pun yang masuk harus siap memberikan warna baru. Saddil mampu melakukannya dengan kecepatannya. Ia banyak main satu lawan satu dan itu sudah saya prediksi sejak awal," Milla menambahkan.

"Menurut saya, selain soal mencetak gol, terpenting kami mampu menciptakan banyak peluang. Penting sekali tim bisa menciptakan peluang dan menguasai pertandingan. Menang 4-0 itu tidak mudah dan saya harap bisa meningkatkan kepercayaan diri," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A

1. Palestina: 2 / 1 / 1 / 0 / 2 / 1 / +1 / 4

2. Indonesia: 1 / 1 / 0 / 0 / 4 / 0 / +4 / 3

3. Hong Kong: 1 / 1 / 0 / 0 / 3 / 1 / +2 / 3

4. Taiwan: 2 / 0 / 1 / 1 / 0 / 4 / -4 / 1

5. Laos: 2 / 0 / 0 / 2 / 2 / 5 / -3 / 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.