Sukses

AP II Prediksi Lonjakan 100 Ribu Penumpang Saat Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin prediksi, jumlah lalu lintas penumpang pesawat atau traffic passengers di Indonesia akan melonjak sekitar 100 ribu seat selama perhelatan Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

"Kalau perkiraan saya, mungkin ada sekitar 100 ribu untuk seluruh proses Asian Games. Soalnya itu bakal ada kontingen official, belum ditambah peserta dan pendukung dari masing-masing negara," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

"Diperkirakan 100 ribu seat akan increase, karena trafiknya di luar rata-rata," tambah dia.

Dia perkirakan peningkatan itu terjadi, lantaran selama masa puncak angkutan Lebaran 2018, lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah bertambah 30 ribu seat dibanding hari normal, yakni dari 180 ribu menjadi 210 ribu.

Meningkatnya jumlah pengguna angkutan penerbangan ini terjadi karena pihak maskapai punya kemampuan memobilisasi alat produksinya dengan cepat. Menurut dia, itu sedikit sulit dilakukan oleh pihak penyedia moda transportasi lain semisal kereta api atau kapal laut.

"Contoh, selama 18 hari angkutan lebaran, extra flight kita itu sampai hampir 1.400 penerbangan maskapai. Dan itu kapasitas tempat duduk atau seat capacity-nya setara dengan 250 ribu, hanya dalam 18 hari," ujar dia.

Selain itu, Awaluddin menilai, masyarakat kini sudah lebih akrab untuk berpergian dengan pesawat terbang karena bisa memangkas waktu perjalanan dibanding moda angkutan lain.

"Seperti yang Bu Rini (Soemarno, Menteri BUMN) bilang, angkutan udara sudah jadi moda transportasi udara yang cukup jadi primadona, karena orang sudah mulai memilihnya karena kecepatannya," tutur dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Angkasa Pura II Beri Layanan Khusus Buat Kontingen Asian Games 2018

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) siap menyambut kontingen atlet dan official Asian Games di tiga bandara. Ketiga bandara itu yakni Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan, Angkasa Pura II telah menyiapkan pelayanan khusus bagi para peserta Asian Games.

Satu di antaranya, AP II telah menyiapkan fasilitas untuk mengakreditasi para kontingen Asian Games. Mereka, nantinya akan lebih mudah mengurus administrasi keimigrasian di bandara.

"Atlet ini kan banyak dari berbagai negara. Izinnya khusus dan visa nya juga khusus. Makanya, kami siapkan ada namanya akreditasi atlet," ungkap Djoko di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis 28 Juni 2018.

Menurut Djoko, pihaknya hanya menyediakan tempat untuk fasilitas ini. Untuk kepengurusan dokumen keimigrasian atlet dan official, ia menambahkan, hal itu merupakan wewenang dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc).

"Ini nanti dilakukan oleh Inasgog. Nantinya bisa mempermudah atlet mengurus izin dan visanya. Kemudian ada id card khusus bagi mereka," terang Djoko.

Akreditasi kontingen Asian Games, kata Djoko, nantinya berada di Terminal Internasional tiga bandara tersebut. "Di internasional itu ada hall cukup besar, itu yang kami siapkan," tandas Djoko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tokoh Ini Jadi Menteri Kabinet Jokowi - Ma'ruf Usai Berperan Sukseskan Asian Games 2018