Sukses

AP II Layani 6,1 Juta Penumpang Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan operasional dan pelayanan arus mudik serta arus balik pada periode Angkutan Lebaran 2018 di 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) berjalan sukses dan lancar.

Hal ini terlihat dari pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 (7 Juni - 24 Juni 2018) di 15 bandara AP II, tercatat mencapai 6,1 juta penumpang atau naik 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Untuk pergerakan pesawat pada angkutan lebaran tahun ini terealisasi sebesar 43 ribu pergerakan atau naik 3,3 persen dibanding dengan tahun lalu dan untuk extra flight terealisasi sebesar 1.300 penerbangan.

Bila dikelompokan, maka jumlah penumpang pada arus mudik H-8 sampai H1 (7 Juni - 15 Juni 2018) sebanyak 3 Juta penumpang dan pada arus balik H2 hingga H+8 (16 Juni - 24 Juni 2018) sebanyak 3,1 Juta penumpang.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, jumlah pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 adalah sebanyak 3,58 juta penumpang, dimana pada arus mudik tercatat mencapai 1,8 juta penumpang dan pada periode arus balik sebanyak 1,78 juta penumpang.

"Dalam periode Angkutan Lebaran baik dari sisi arus mudik dan arus balik AP II telah melayani lebih dari 6 juta penumpang dimana hal tersebut meningkat cukup signifikan dari tahun 2017 yang hanya 5,5 juta penumpang," kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Senin (25/6/2018).

 

2 dari 2 halaman

3 Faktor Kunci

Awaluddin menambahkan, lancar dan suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 ini tidak terlepas dari 3 faktor kunci.

Pertama, Solidnya kerjasama seluruh stakeholder bandara dari Maskapai, AirNav, Otoritas Bandara, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina dan juga pengamanan dari pihak Kepolisian dan TNI.

Kedua, Kecepatan pelayanan kepada pengguna jasa sebagai konsekuensi dari digitalisasi pelayanan. Ketiga adalah disiplin operasi dengan mengsimplifikasi proses operasi sehingga operasional lebih efektif dan efisien.

Adapun standar pelayanan selama periode Angkutan Lebaran 2018 seiring dengan beroperasinya 2 bandara baru yang dikelola perseroan yaitu Banyuwangi dan Kertajati, serta sejumlah inovasi fasilitas serta pelayanan bandara yang telah dinikmati oleh pengguna jasa khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta seperti Airport Helper, Golf Car Assistance, Mobile Assistant Check-In, Drive Thru Passenger Pick-up Lane, Transit Oriented Development (TOD), Parkir Inap Kendaraan, SkyTrain, dan Kereta Bandara.

Apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di 15 bandara yang dikelola perseroan juga disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Wakapolri Komjen. Pol. Syafruddin, Komisi V DPR RI dan Ombudsman RI.

"PT Angkasa Pura II (Persero) akan senantiasa menjaga dan meningkatkan standar operasional, fasilitas, dan pelayanan bandara, serta menargetkan khusus untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2019 dapat lebih efisien dan nyaman dalam melayani pengguna jasa," janji Awaluddin.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasca Teror Bom Medan, Pengelola Bandara Perketat Keamanan
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati! Surat Panggilan Kerja Hoaks