Sukses

Mengenal Cabor Baru di Asian Games 2018: Basket 3x3

Basket 3x3 merupakan cabor baru di Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Salah satu dari sepuluh cabang olahraga (cabor) baru yang dipertandingkan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang adalah Basket 3x3.

Basket 3x3 adalah permainan mirip bola basket, namun satu tim hanya terdiri dari empat pemain, dengan tiga di antaranya bermain di atas lapangan.

Cabor Basket 3x3 pertama kali dipertandingkan di pentas internasional pada Olimpiade Remaja Musim Panas pada 2010 lalu.

Basket 3x3 masih berada di bawah induk basket internasional atau FIBA. Permainan ini juga akan dipertandingkan pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Asian Games 2018 merupakan debut untuk cabor Basket 3x3 di pesta olahraga terbesar Asia ini. Basket 3x3 dapat dikatakan sebagai permainan jalanan yang berkembang di Amerika Serikat pada era 1980-an.

FIBA sedang gencar-gencarnya mempromosikan cabor ini di seluruh dunia. Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020 dipilih sebagai wahana sosialisasi utama untuk memperkenalkan Basket 3x3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peraturan Permainan

Setiap tim Basket 3x3 terdiri dari tiga pemain dan satu pengganti. Permainan ini hanya dimainkan pada setengah lapangan dengan satu buah keranjang.

Basket 3x3 hanya mempertandingkan satu babak. Ada dua cara untuk setiap tim memenangkan pertandingan. Menang angka dalam kurun waktu 10 menit ataupun mencetak 21 poin.

Setiap tim hanya diperbolehkan untuk sekali menggunakan time out. Apabila kedua tim yang bertanding sama-sama mencetak 20 poin, maka tim yang berhasil mencetak dua poin tambahan akan keluar sebagai pemenang.

Soal penghitungan poin, setiap tembakan di luar arc dihitung dua angka. Sementara di dalam, mendapatkan satu poin.

Untuk peraturan lainnya, sama seperti cabor bola basket pada umumnya. Regulasi seperti team foul, jumpball, check ball, freethrow, dan lain-lain mengacu kepada peraturan regular bola basket FIBA.

3 dari 3 halaman

Timnas Basket 3x3 Asian Games

Indonesia akan menurunkan nomor putra dan putri pada Basket 3x3 Asian Games 2018. Timnas putra 3x3 Indonesia berencana untuk menggelar pemusatan latihan (training centre) di Lithuania, Serbia, dan Italia.

Adapun, Timnas putri 3x3 Indonesia bakal ditempa di Belanda dan Serbia. Saat ini, kedua timnas tersebut tengah melakukan seleksi nasional.

Dinukil dari laman Main Basket, ada 12 pemain yang bakal mengikuti TC. Jumlahnya, enam putra dan enam putri, yaitu Rivaldo Tandra Pangesthio, Vincent Rivaldi Kosasih, Reza Fahdani Guntara, Eric Gosal, Nuke Tri Saputra, dan Hengky Cornelis Lakay (putra) serta Jovita Elizabeth Simon, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Yusranie Noory Assipalma, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Regita Pramesti dan Christie Apriani Rumambi (putri).

Timnas putri 3x3 dilatih oleh Wahyu Widayat Jati. Adapun, Fandi Andika Ramadhani membesut Timnas putra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.