Sukses

Ketua Kadin Yakin Asian Games Bisa Bantu Perkuat Rupiah

Liputan6.com, Jakarta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan perhelatan ajang olah raga besar seperti Asian Games akan memiliki banyak dampak bagi perekonomian Indonesia. Salah satunya dapat memperkuat posisi rupiah.

"Atlet (dari luar negeri) yang datang ke sini, official, wisatawan secara langsung maupun tidak langsung akan memperkuat mata uang kita," ungkapnya dalam konferensi pers, di GBK, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

"Mereka belanja di Indonesia dengan mata uang Indonesia, dampak pasti ada, sangat-sangat membantu kalau yang pertama saya lihat itu konsumsi," lanjut dia.

Selain itu, Rosan meyakini event ini juga akan membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri.

"Ada 400 UMKM yang terlibat. Kita lihat, karena ada kegiatan ini, misalnya Brodo (salah satu pemegang lisensi untuk menjual merchandise selama Asian Games) koordinasi dengan UMKM yang ada di sekitar Bandung untuk membuat produk dengan standar Brodo. Akan signifikan (dampak bagi UMKM)," imbuhnya.

Selain itu, kata dia, event ini membuka peluang lapangan pekerjaan sehingga dapat mendorong pula tingkat konsumsi dalam negeri.

"Mereka (masyarakat) terbantu. Mereka dapat pekerjaan mereka dapat income. Mereka dapat income, mereka bisa spending," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Asian Games 2018 Jadi Momentum Tumbuhkan Ekonomi Nasional

Menteri Pemuda dan Olahraga Iman Nahrawi menegaskan, dirinya akan terus memonitor perkembangan para atlet yang bertanding di Asian Games. Hal itu diungkapkannya dalam diskusi terbuka dengan media dan para penggiat dan peminat olahraga di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta, 21 Mei 2018. 

"Saya akan datang secara tiba-tiba dan mendadak ke tempat pelatihan atlet. Pemerintah sekarang langsung mendistribusikan anggaran pembinaan langsung ke induk cabang olahraga," jelas Nahrawi, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari Staf Kepresidenan, Senin (21/5/2018). 

Hadir juga dalam diskusi terbuka tersebut, dua atlet putri nasional Berliana Marsheilla dan Aprilia Manganang. Mereka berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari persiapan sampai dengan saat pertandingan.

Sementara itu, Utut Adianto, Wakil Ketua DPR yang juga mantan atlet catur bergelar grand master menjelaskan, bahwa kepedulian dan kesiapan Indonesia dalam Asian Games kali ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap dunia olahraga.

"Itu terlihat dari alokasi anggaran yang diberikan untuk penyelenggaran Asian Games. Yang paling besar, anggaran digunakan untuk penyiapan infrastruktur," kata Utut.

Tantangan ke depan, menurut Utut adalah bagaimana mengembangkan olahraga ini menjadi industri yang besar. "Kita punya potensi untuk bergerak ke sana, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian nasional," tambah Utut.

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenaikan UMP Diminta Tak Dipukul Rata
Artikel Selanjutnya
Penyebab APBD DKI 2020 Defisit Rp 10 Triliun