Sukses

Stadion GBLA Mulai Direnovasi untuk Asian Games

Proses renovasi Stadion GBLA untuk Asian Games 2018 mencakup delapan pekerjaan.

Liputan6.com, Bandung - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung, Jawa Barat, mulai direnovasi untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus hingga September 2018.

"Info yang diperoleh di lapangan, pekerja sudah ada, pada tanggal 17 (Januari) sudah pada masuk. Mereka sudah mengerjakan kecil-kecilan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Dodi Ridwansyah di Bandung, Senin (29/1/2018) seperti dinukil dari Antara soal renovasi (GBLA) untuk Asian Games.

Dodi mengatakan proses renovasi mencakup delapan pekerjaan yang menjadi fokus pembenahan stadion. Antara lain perawatanrumput, penambahan lampu stadion, perbaikan drainase, penambahan fasilitas, pengecatan dinding, mengganti kursi penonton yang rusak, penambahan daya listrik, dan perbaikan gerbang keluar stadion.

"Anggarannya APBN semua lewat PUPR, info yang saya dapatkan semuanya kurang lebih Rp10 miliar," ujarnya mengenai anggaran untuk pembenahan stadion.

Ia menambahkan, semula renovasi stadion untuk Asian Games ini awalnya dimulai awal Januari. Namun, diundur karena Kota Bandung dipilih menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Presiden 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Stadion

Sistem single seat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. (Liputan6.com/Ahmad Fawwaz Usman)

Asian Games 2018 rencananya menggunakan lima stadion sebagai venue pertandingan sepak bola putra dan putri. Stadion yang digunakan antara lain Stadion Patriot Chandrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Namun, dari lima stadion tersebut hanya Stadion Patriot dan Stadion Wibawa Mukti yang tidak membutuhkan proses renovasi. Sisanya, menunggu renovasi yang keputusannya berada di pemerintah Jawa Barat yang akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

3 dari 3 halaman

Markas Persib

Para pemain Persib Bandung foto bareng sebelum melawan Sriwijaya FC pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain Stadion Si Jalak Harupat, Persib Bandung sepanjang Liga 1 2017 biasa menggelar laga kandangnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Namun, Maung Bandung kemungkinan tidak bisa bermarkas di stadion berkapasitas 38.000 penonton tersebut.

Sebab, renovasi stadion akan membutuhkan waktu enam bulabn. "Saya sudah sampaikan ke pihak manajemen untuk Liga 1 kemungkinan besar tidak bisa menggunakan GBLA," kata Dodi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.