Sepak Bola Ampuh Turunkan Berat Badan

Pria yang saat ini sedang bersusah payah untuk menurunkan berat badannya, cobalahnya bermain sepak bola.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 23 Jan 2014, 08:00 WIB
Pria yang saat ini sedang bersusah payah untuk menurunkan berat badannya, cobalahnya untuk bermain sepak bola. BBC News melaporkan, sepak bola mampu membantu pria memerangi obesitas.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di The Lancet, para peneliti meminta kepada 374 orang penggemar sepak bola yang kelebihan berat badan untuk berpartisipasi dalam program latihan sepak bola selama 12 minggu. Dalam penelitian itu, semuanya diberi tips makan sehat dan manajemen berat badan.

Setahun kemudian, pria yang ikut dalam program ini telah kehilangan rata-rata 11 kilogram lebih dibandinkan yang ditempatkan pada daftar tunggu untuk program tersebut.

Dikutip dari laman Fox News, Rabu (22/1/2014) para peneliti menduga cara seperti ini sukses karena pria menghargai apa yang dialaminya sebagai bagian dari pengalaman penurunan berat badan.

Selain itu, para peneliti percaya bahwa melakukan sesuatu yang disukai dapat dengan mudah menurunkan berat badan sesuai dengan yang diinginkan.

"Peserta ini benar-benar menikmati melakukannya dengan pria-pria lain yang memiliki masalah yang sama seperti mereka. Dengan kepentingan bersama itu, akhirnya mereka sama-sama mengatasinya dengan bermain sepakbola," kata Penulis Studi dari Universitas Gasglow, Skotlandia, Kate Hunt.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Jadi `Cheersleader` Lebih Bahaya daripada Pemain Bola
Berpuasa, Pilih Tempat yang Adem Untuk Olahraga Sepak Bola
Saat Derita Hipertensi, Aerobik Lebih Baik Dibanding Sepak Bola

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya