Sukses

Giring Bola ke Lapangan Digital, Sejumlah Klub Punya Mata Uang Kripto Sendiri

Pemanfaatan tren mata uang kripto ini dinilai untuk meningkatkan keterlibatan para fan juga membuka keran pendanaan baru.

Liputan6.com, Bandung - Sepak bola kini tak hanya jadi pertandingan di rumput hijau, tapi juga di lapangan finansial digital. Sejumlah klub diketahui meluncurkan mata uang kripto atau token fan sendiri.

Pemanfaatan tren mata uang kripto ini dinilai untuk meningkatkan keterlibatan para fan juga membuka keran pendanaan baru. Terpantau lewat laman coinmarketcap.com, berikut 5 klub yang memiliki mata uang digitalnya sendiri:

Barcelona

Token fan resmi dari FC Barcelona disebut BAR. Token utilitas itu dibuat atas kolaborasi FC Barcelona dan Chiliz, penyedia teknologi keuangan blockchain global untuk industri olahraga dan hiburan.

Token BAR diluncurkan Juni 2020. Keuntungan melalui BAR, penggemar di antaranya dapat membeli barang atau layanan VIP, akses VIP ke stadion dan tiket pertandingan, serta barang koleksi langka.

Manchester City

Pada Maret 2021 lalu, klub Manchester City, Inggris, meluncurkan CITY dibuat Socios, sebuah aplikasi yang dibangun di atas blockchain Chiliz (CHZ). CITY dikabarkan sempat melambung ketika Cristiano Ronaldo diisukan akan bergabung bersama Manchester City.

Dengan mata uang digital itu, fan bisa berkesempatan memiliki saham sehingga disebut berpeluang memengaruhi keputusan, mendapatkan hadiah VIP, dan akses ke promosi-promosi khusus.

Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain (PSG) meluncurkan token PSG pada Januari 2020 di platform Socios.com. mDengan token itu penggemar bisa mendapatkan tiket gratis, bertemu pemain, dan mendapatkan merchandise resmi.

Leeds United

Token fan resmi kepunyaan klub asal West Yorkshire, Inggris, Leeds United adalah LUFC. Peluncuran itu disebut jadi upaya Leeds United untuk menunjukkan komitmen terhadap inovasi dan meningkatkan keterlibatan para pendukung.

AC Milan

Terakhir, adalah ACM. Token fan yang diluncurkan klub legendaris dari Italia, AC Milan. Token ACM dikeluarkan oleh Chiliz. Menurut data coinmarketcap.com, (21/2/2024), ACM memiliki total pasokan maksimum 20.000.000 token.

Saat ini, terdapat 3.141.172 token ACM yang beredar. Dari jumlah tersebut, 2.000.157 awalnya dirilis ke penggemar melalui penawaran token penggemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.
    Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.

    Leeds United

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Sepak Bola

  • Token Fan