Erick Thohir Diprediksi Sosok yang Mendapat Restu Jokowi di Pemilu 2024

Dia disebut sebagai sosok yang juga akan mendapat restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Di mana terakhir, Erick mendapat kepercayaan untuk mempersiapkan acara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina S Gudono pada 10 Desember 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Nov 2022, 08:14 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir berada di dalam mobil setelah membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Sumatra Selatan, Senin (24/1/2022). Bantuan yang diberikan sebesar Rp1,2 juta per orang. (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta Pengamat politik sekaligus pendiri Pusat Studi Untuk Demokrasi, Kiki Rizki Yoctavian, memprediksi Menteri BUMN Erick Thohir akan menjadi sosok kuda hitam sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Dia disebut sebagai sosok yang juga akan mendapat restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Di mana terakhir, Erick mendapat kepercayaan untuk mempersiapkan acara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina S Gudono pada 10 Desember 2022.

"Menjadi ketua panitia pernikahan anak Jokowi adalah simbol, tanda yang sulit dibantah bahwa pada orang itulah kelak Jokowi akan menitipkan keluarganya, anak dan cucunya," kata Kiki dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

"Jadi kalau usai acara Projo di Magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar, kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo. Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama-nama yang beredar adalah Erick Thohir yang ditunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang," sambungnya.

Kiki memandang, wajar jika memang sampai sekarang banyak yang berspekulasi terhadap sosok yang mendapat restu dari Presiden Jokowi. Terlebih mengaitkan urusan politik dengan pernikahan anaknya Kaesang.

Meskipun demikian, menurut dia, justru di sanalah letak kepercayaan Presiden Jokowi dan menandakan Erick memiliki kedekatan luar biasa.

"Tetapi urusan pernikahan adalah hal yang sakral dan orang yang sangat dekat dan tepatlah yang ditunjuk untuk melaksanakannya karena orang tersebut simbolisasi dan perwujudan dari tuan rumah yang punya hajat. Termasuk cara berpikir maupun bertindak," ungkap Kiki.

"Begitupun ketika Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan itu menunjukkan kepercayaan penuh dirinya kepada Erick Thohir," sambungnya.

 

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Diberikan Kepercayaan

Sebelumnya, sejumlah menteri dari kabinet Jokowi, berkunjung ke Taman Pura Kemangkunegaraan di Solo hari ini, Minggu (20/11/2022).

Diketahui, lokasi tersebut akan menjadi tempat pesta pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erika Gundono berlangsung.

Pantauan daring, terdapat tiga menteri yang mengunjungi lokasi dan melihat titik demi titik tempat acara. Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

"Ini jalur penganten, berarti tamu ke sini," kata Erick Thohir yang karib disama ET itu sambil menunjuk ke salah satu sudut jalan di Taman Pura Kemangkunegaraan, Minggu (20/11/2022).

"Ini bunga semua? Jadi enggak bisa diinjek? Boleh lewat atau enggak boleh?" tanya ET lagi ke jajaran panitia acara.

Senada dengan ET, Bahlil juga melontar tanya soal batas-batas antrean tamu. Menurut dia harus jelas bagaimana alur tamu yang masuk agar tidak terjadi tabrakan arus.

"Jadi dari titik ini sudah antre ya?" tanya dia.

Ketiga menteri utusan Jokowi ini tampak serius memperhatikan bagaimana lokasi yang akan menjadi tempat sakral bagi Kaesang dan model jebolan Putri Indonesia ini berlangsung.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya