Pentingnya Pendidikan Anak, Sekolah PAUD Cheeky Peeky Playhouse Berikan Kurikulum Terkini

Ketua Yayasan Sahabat Anak Kecil Emilia Asteriani Putri mendirikan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bernama Cheeky Peeky Playhouse.

oleh Tim News diperbarui 14 Mei 2024, 00:07 WIB
Ketua Yayasan Sahabat Anak Kecil Emilia Asteriani Putri mendirikan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bernama Cheeky Peeky Playhouse. (Foto: Dok. Danone Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan merupakan aspek penting yang perlu didapatkan anak. Sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD), anak-anak biasanya akan melewati jenjang Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Sekolah PAUD).

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema menilai, PAUD sangatlah penting bagi pembentukan karakter anak. Sehingga menurutnya para orang tua harus bisa memaksimalkannya.

"PAUD merupakan masa emas pembentukan karakter anak, tahap ini perlu dimaksimalkan dalam pembentukan karakter," ujar Doni melalui keterangan tertulis, Minggu (12/5/2024).

Dia mengatakan, bermain dan belajar apabila dilakukan dengan aktivitas yang tepat, maka akan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental anak.

"Macam-macam aktivitas bisa dilakukan oleh anak-anak seperti bersosialisasi, berlari, permainan kerja sama, mengenali dan membedakan benda-benda, jalan-jalan di alam rindang, dan lain-lain," ucap Doni.

Oleh karena itu, Ketua Yayasan Sahabat Anak Kecil Emilia Asteriani Putri mendirikan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bernama Cheeky Peeky Playhouse.

"Cheeky Peeky Playhouse sekolah untuk anak usia dini dari umur 0-3 tahun yang terinspirasi dari kurikulum Reggio Emilia," kata Emilia.

Dia menjelaskan, dalam kurikulum Reggio Emilia, pendidikan dan pengembangan anak diarahkan pada diri mereka sendiri dan didasarkan pada minat, ide, dan pemikiran mereka yang dapat membantu menciptakan pengalaman kelas yang positif dan menggairahkan dalam belajar.

Emilia lalu mengungkapkan alasan dirinya mendirikan Cheeky Peeky Playhouse karena ingin memfasilitasi para ibu muda yang mau memberikan stimulasi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

"Namun belum banyak tempat yang menawarkan hal tersebut terutama yang dapat menyesuaikan tingkat kemampuan dan keinginan anak," ucap Emilia.

 

2 dari 3 halaman

Tumbuhkan Rasa Keingintahuan

Ilustrasi TK, PAUD. (Photo by Erika Giraud on Unsplash)

Emilia menjelaskan, alasan dinamakan Cheeky Peeky Playhouse yaitu karena ingin menumbuhkan rasa keingintahuan di diri anak-anak dengan mengambil nama dari permainan cilukba.

"Sehingga kami mengambil filosofi permainan cilukba (peek-a-boo) di mana anak itu belajar dan bonding dengan orang tua yang sangat berguna untuk perkembangan mereka," kata dia.

"Nama Cheeky itu sendiri menggambarkan unsur fun, di mana kami mengakomodir sifat-sifat anak yang selalu penasaran dan ingin tahu banyak hal dengan cara yang menyenangkan," lanjut Emilia.

Selain menawarkan program sekolah bagi anak umur 0-3 tahun, Emilia mengatakan, pihaknya juga menawarkan aktivitas enrichment class untuk kelas after school untuk anak umur 3-8 tahun.

"Ada di Perumahan Nusa Loka, Jalan Ambon Blok 1A Nomor 2, Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Cheeky Peeky Playhouse memiliki berbagai aktivitas seperti sensory class, stimulasi motoric, lalu read-a-loud, art class dan music class," ucap Emilia.

 

3 dari 3 halaman

Kerjasama dengan Sejumlah Pihak

Cooking class, salah satu cara yang dilakukan anak-anak di PAUD Al Hikam, Klaten, Jawa Tengah untuk membiasakan pola makan sehat dan bergizi. Foto diambil dalam acara Jelajah Gizi 2023. (Foto: Liputan6.com/Diviya Agatha)

Lebih lanjut, sambung Emilia, Cheeky Peeky Playhouse juga bekerja sama dengan Miss Krista Endinda yang memang ahli dibidang infant dan toddler serta pendidikan anak usia dini.

"Jadi Miss Dinda membuatkan kurikulum, dan secara eksklusif melakukan training kepada guru-guru kami. Guru kami juga berasal dari pendidikan master degree di clinical psychology dan pendidikan anak usia dini dari universitas ternama," kata dia.

Selain itu, Emilia mengatakan, Cheeky Peeky Playhouse juga memiliki atelierista, art teacher yang memiliki background sebagai art director di Ganara Art Space yang membantu kelangsungan pembelajaran dan pembuatan ruang kelas.

"Cheeky Peeky Playhouse buka setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB. Dengan biaya per kedatangan mulai dari Rp225.000 sampai Rp275.000, tergantung usia anak," jelas Emilia.

kurikulum tiap era pemerintahan (liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya