Sukses

Tanda-Tanda Telinga Anak Sudah Penuh Kotoran

Anak biasanya akan memberikan tanda-tanda jika telinga dia sudah dipenuhi sama kotoran

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga tanda bahwa telinga anak sudah dipenuhi kotoran atau serumen. Pertama anak merasakan nyeri pada telinga. Kedua anak sering menarik telinga. Dan yang paling sering adalah si Kecil sampai memasukkan jari ke liang telinga.

Nah, untuk membersihkan telinga anak, orangtua harus tahu dulu bahwa telinga manusia memiliki mekanisme untuk membersihkan diri sendiri. Karena itu jangan pakai cotton bud (korek kuping). Ketika menemukan kotoran telinga anak yang keras, gunakan obat tetes khusus telinga untuk mencairkan serumen.

Demikian saran yang diberikan dr Sara Elise Wijono MRes dari situs Klik Dokter dikutip pada Health Liputan6.com pada Rabu, 4 April 2018. Dia lebih menyarankan agar orangtua menggunakan kain basah untuk membersihkan telinga anak pada bagian luar.

"Jika ragu akan hal ini, Anda dapat membawa si Kecil berobat ke dokter spesialis THT," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buang Kotoran Telinga Anak

Seorang dokter yang sudah kompeten tahu cara benar membersihkan telinga anak. Mereka punya alat sendiri untuk mengeluarkan kotoran yang membuat anak risih.

"Telinga anak dapat dibersihkan dengan optimal menggunakan sendok serumen, foresep atau alat pengisap khusus,"

Sedangkan penggunaan cutton bud sendiri malah dapat mendorong kotoran masuk ke telinga yang menyebabkan terjadinya sumbatan di telinga.

"Juga punya potensi melukai telinga bahkan gendang telinga,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.