Sukses

Rendang Ayam Disebut Kurang Renyah, Warganet Malaysia dan RI Protes Keras

Warganet di Malaysia dan Indonesia memprotes keras komentar juri Master Chef Inggris, yang menyebut tekstur rendang ayam renyah.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Para warganet di Malaysia dan Indonesia bersahutan memprotes komentar juri pada salah satu episode ajang lomba masak Master Chef edisi Inggris.

Dalam episode tersebut, rendang ayam -- yang menjadi pelengkap sajian nasi lemak -- milik salah seorang peserta, Zaleha Kadir Olpin, dinilai kurang renyah oleh juri.

Akibatnya, nilai yang telah dikumpulkan Zaleha pun berkurang, yang membuatnya tersingkir dari babak perempat final.

Dikutip dari Asia One pada Selasa (3/4/2018), Zaleha sengaja memasak sajian nasi lemak sebagai jawaban atas tantangan memasak hidangan yang mengingatkan tentang memori indah.

Nasi lemak, menurut Zaleha, selalu mengingatkan momen masa kecilnya, saat masih tinggal di sebuah kota di negara bagian Kelantan, Malaysia.

"Saya dulu menyimpan uang saku untuk membeli nasi lemak pada hari Jumat. Ada kios khusus di luar sekolah kami yang biasa menjual nasi lemak lezat, harganya 20 sen. Itu sangat istimewa," kata Zaleha kepada juri Master Chef edisi Inggris, John Torode, di sela-sela proses memasak.

Saat acara berlangsung, Torode memberi penjelasan kepada penonton tentang bagaimana hidangan klasik nasi lemak dibuat.

Menurutnya, nasi harus dimasak dengan santan yang tidak terlalu banyak, sambalnya juga harus pedas, dan rendang ayam harus kaya bumbu.

Zaleha pun berusaha menyajikan nasi lemak terbaiknya, yang ditempatkan di atas piring besar, dengan menu pendamping yang terdiri dari rendang ayam, udang bumbu sambal, telur dadar, ikan teri, kacang tanah, dan irisan mentimun.  

Namun setelah mencicipi, salah seorang juri lainnya, Gregg Wallace, justru mengkritik rendang ayam buatan Zaleha, tidak cukup renyah pada kulit ayamnya.

Hal itu, menurut Wallace, mengurangi kekhasan nasi lemak yang menjadi sajian nasional Malaysia. 

"Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua saus ada di kulit, saya tidak bisa makan," kata Wallace.

Torode menimpali, mengatakan bahwa rendang ayam tersebut adalah sebuah kesalahan besar yang dilakukan oleh Zaleha.

Zaleha tampak sangat kecewa mendengar komentar itu, dan kemudian terdengar mengatakan dirinya "patah hati" saat melepas celemeknya setelah eliminasi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapat Protes Keras dari Warganet di Malaysia dan Indonesia

Menurut resep tradisional, rendang ayam pada nasi lemak merupakan sajian yang berakar pada kari, dengan bumbu santan kaya rempah.

Sajian ini dimasak dalam waktu lama, hingga benar-benar bertekstur sangat empuk, bahkan cenderung hancur.

Namun, ketika dikritik kurang renyah oleh para juri di ajang Master Chef edisi Inggris, para warganet di Malaysia pun bereaksi keras terhadapnya.

Mereka menyayangkan komentar juri yang notabene bukan orang asli Malaysia, tapi seolah lebih paham tentang rendang ayam, dibandingkan masyarakat lokal.

Pengguna media sosial, yang menonton video dari episode Master Chef edisi Inggris, mengatakan para juri tidak tahu bagaimana rendang ayam seharusnya dibuat.

 

 

"Mereka tidak layak menjadi juri jika tidak memiliki pengetahuan tentang masakan Asia," kata Fiq, seorang warganet di Twitter.

"Semua juri membutuhkan pelajaran memasak dari Chef Wan," kata Lapi Zaini, mengacu pada sosok koki populer di Malaysia, Datuk Redzuawan Ismail.

"Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang rendang, maka saya pikir Anda harus rendang (dunk) – melempar ke lantai -- kepala Anda sendiri terlebih dahulu," tulis Azuan Annas dalam komentar yang ditujukan kepada para juri Master Chef.

Keriuhan mengenai kontroversi ini terdengar hingga telinga warganet di Indonesia, yang mengaku sama-sama kecewa. Bahkan, ada beberapa melontarkan sindiran keras yang ditautkan langsung ke akun milik juri-juri terkait.

 

 

Sementara itu, melalui akun Instagram miliknya, Zaleha mengucap terima kasih atas dukungan besar terhadapnya.

Ia juga mengatakan akan terus mempromosikan hidangan khas Malaysia di kancah internasional, tanpa sedikit pun mengubah komposisi bumbu dan cara mengolahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.