Sukses

Ilegal, Kartu Telepon Internet di Bandung

<I>Kartu telepon via internet yang beredar di Bandung sejak awal tahun ini, belum memiliki izin dari Telkom dan Indosat</I>

Liputan6.com, Jakarta: Alih-alih meraih untung, usaha kartu telepon internet Andrie Tanuwijaya, karyawan PT Supertec, di Jalan Cipahit 42 Bandung, malah dicap ilegal. Cap itulah yang menyebabkan ia ditangkap oleh anggota Reserse Kepolisian Wilayah Kota Besar Bandung di rumahnya, di Perumahan Kopo Permai, Bandung, Kamis (31/8).

Awalnya adalah ide untuk menyebarkan kemudahan menggunakan telepon via internet kepada banyak orang. Andrie, yang sarjana teknik fisika Institut Teknologi Bandung itu, melihat betapa murah meriahnya pengoperasian telepon internet. Sampai di sini, ia segera menjadikannya sebagai obyek usaha. Untuk itu, ia pun mengadopsi berbagai pola yang diterapkan perusahaan jaringan telepon seluler, internet, dan telepon itu.

Bisnis telepon internet ala Andrie dikenal juga dengan nama Voice Over Internet Protocol (VOIP) alias jaringan telekomunikasi suara via internet. Setiap pelanggannya dibekali kartu Global Net, sejenis Telepin seharga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. Kartu ini bisa digunakan untuk berkomunikasi ke dalam dan luar negeri, asal masih dengan pemilik jaringan yang sama. Lantaran memang murah meriah, kartu telepon internet ini segera mendapat banyak sambutan. Tak kurang dari seribu orang Bandung segera menjadi konsumen hanya dalam tempo satu semester. Andrie pun jadi jutawan.

Berkat bisnis ini, ia bisa meraih sampai Rp 500 juta per bulan. Namun, untung bagi Andrie adalah malang bagi PT Telkom dan Indosat, pemilik hak yang disewa PT Supertec, tempat Andrie bekerja. Kedua perusahaan itu hanya mengizinkan pengelolaan telepon dan internet bagi PT Supertec, bukan telepon internet. Ulah Andri tentu merugikan kedua perusahaan telekomunikasi itu.(HFS/ Patria Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.