Sukses

Destinasi: Keindahan Terpendam di Pulau Rote NTT

Selain alamnya yang indah, salah satu kekayaan seni yang dipunyai Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur adalah alat musik sasando.

Liputan6.com, Rote - Pulau Rote adalah sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT). Keindahan alam yang dimiliki membuat pulau ini layak dijadikan destinasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (7/4/2017), selain panorama yang indah, salah satu kekayaan seni yang dipunyai Pulau Rote adalah sasando. Alat musik ini biasa dibuat oleh para pengrajin dari Desa Baadale. 

Suara sasando memiliki kemiripan dengan alat musik dawai lainnya seperti gitar, biola, kecapi, dan harpa. Namun, yang membedakan adalah bentuknya.

Alat ini berbentuk tabung dan terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah diberi ganjalan-ganjalan agar senar bisa direntangkan dari tabung atas ke bawah.

Lalu tabung sasando disimpan dalam wadah terbuat dari anyaman daun lontar yang dibuat seperti kipas.

Keindahan bawah laut Pulau Rote juga tak kalah memukau. Dari Pantai Bioe, wisatawan diajak untuk menelusuri jejak penyu dan melakukan monitoring di lokasi pendaratannya.

Di dunia terdapat tujuh jenis penyu. Enam di antaranya ada di Indonesia. Namun kini keberadaan penyu di Indonesia terancam punah. Satu di antaranya karena dari 1.000 anak penyu atau tukik hanya akan ada satu tukik yang bisa hidup sampai dewasa. 

Lalu seperti apa keindahan bawah laut di perairan Pulau Rote, NTT? Walau berarus deras, kehidupan bawah lautnya tak kalah indah dengan bawah laut dari berbagai belahan dunia. 

Saksikan keindahan alam, seni, dan budaya yang dimiliki Pulau Rote di NTT dalam video berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.