Sukses

VIDEO: Ratusan Orang Tertipu Diklat CPNS Abal-Abal di Bandung

Selain membayar jutaan rupiah, korban juga mendapat SK pengangkatan palsu.

Liputan6.com, Bandung - Foto kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) menunjukan sekitar 400 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ternyata ini adalah diklat palsu atau abal-abal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (18/1/2017), salah satu korbannya adalah Selly Amelia yang mengaku diiming-imingi jadi PNS tanpa harus mengikuti seleksi dengan membayar Rp 50 Juta hingga Rp 100 juta .

Selly juga mengaku telah mendapat SK pengangkatan yang ternyata palsu.

Polisi telah bergerak untuk membongkar kasus penipuan ini. Seorang PNS yang bertugas sebagai perekrut telah ditangkap dan 11 orang lainnya sebagai tersangka dan masuk dalam daftar pencarian orang.

Kemenpan Reformasi Birokrasi menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tertipu oleh janji perekrutan CPNS. 17 Portal bodong yang mengaku membuka lowongan CPNS telah ditutup.

Masyarakat dihimbau tak tergiur rayuan jadi CPNS dari siapapun, mengingat lowongan CPNS 2017 belum di buka dan diharapkan selalu membuka situs resmi di www.menpan.go.id atau www.bkn.go.id.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.