Sukses

VIDEO: Tahun Baru, Pengelola Merapi Batasi Jumlah Pendaki

Jumlah pendaki yang naik ke puncak Merapi dibatas demi menjaga keselamatan para pendaki.

Liputan6.com, Boyolali,- Menjelang malam pergantian Tahun Baru Balai Taman Nasional Gunung Merapi sudah mengeluarkan aturan, terkait pendakian Gunung Merapi.

Pengelola Taman Nasional membatasi jumlah pendaki ke puncak Merapi, hanya sebanyak 2.500 orang. Aturan pembatasan jumlah pendaki ke puncak Merapi dilakukan demi menjaga keselamatan para pendaki.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (31/12/2016), pembatasan jumlah pendaki diperlukan, karena setiap musim hujan tanah di Kawasan puncak Gunung Merapi, kondisinya labil dan rawan longsor, sehingga dapat membahayakan pendaki sendiri.

Petugas dan relawan Taman Nasional akan bertugas di tiap pos dan beberapa titik di jalur pendakian, mulai dari New Selo hingga puncak.

Sebelum mendaki, setiap pendaki akan dicatat dan diperiksa di Basecamp Barameru, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Para pendaki harus melakukan registrasi terlebih dahulu, sebelum naik ke puncak.

Jika nantinya jumlah pendaki ke puncak Merapi melebihi batas yang ditentukan, para pendaki akan dialihkan ke Puncak Gunung Merbabu yang berada di sebelah utara Gunung Merapi.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.