Sukses

Relawan Bagikan Tabung Oksigen di Wilayah Terdampak Kabut Asap

Pembagian tabung oksigen murni berisi 500 ml dilakukan di RT 07 Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.

Liputan6.com, Banyuasin - Ratusan posko kesehatan yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Riau masih menjadi incaran warga pascabencana kabut asap. Selain tidak dipungut biaya, pelayanan petugas posko juga tak berbelit-belit.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (31/10/2015), para warga yang berobat umumnya langsung diperiksa dan diberi obat. Posko juga akan membuat rujukan ke rumah sakit untuk pasien yang dirasa harus dirawat intensif.

Surat rujukan itu juga menjamin bahwa pemerintah menanggung seluruh pembiayaan sehingga pasien tak perlu membayar lagi.

Sementara itu, 3 bulan dilanda kabut asap, warga miskin di Palembang, Sumatera Selatan akhirnya mendapatkan oksigen murni secara gratis dari relawan yang tergabung dalam relawan Sedekah Oksigen.

Pembagian tabung oksigen murni berisi 500 ml dilakukan di RT 07 Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sebelum dibagikan, para relawan ini memberikan petunjuk bagaimana cara pemakaian oksigen kepada para warga. Mereka juga mempraktikkan penggunaannya ke anak-anak dan lansia.

Tidak hanya di Sumatera Selatan, sumbangan tabung oksigen murni ini juga disebarkan ke beberapa daerah yang terpapar kabut asap seperti Palangkaraya, Pekanbaru, dan Jambi. Sebanyak 120 unit tabung oksigen diberikan secara gratis oleh relawan oksigen ke tiap kepala keluarga. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini