Sukses

Turis Asing Ramaikan Aksi Pelepasan Ratusan Anak Penyu di Kuta

Aksi pelepasan tukik dan penyu hijau tersebut dilakukan oleh para wisatawan yang berada di Pantai Kuta.

Liputan6.com, Kuta - Ratusan wisatawan melepas ratusan anak penyu atau tukik di Pantai Kuta. Aksi ini spontan menarik perhatian para pengunjung yang memadati Pantai Kuta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (31/7/015), ratusan anak penyu atau tukik dilepas di Pantai Kuta oleh para wisatawan dan petugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta aktivis LSM. Selain tukik, dilepas juga beberapa penyu hijau dewasa hasil sitaan kepolisian dari masyarakat yang melakukan perdagangan penyu hijau untuk dikonsumsi.

Aksi pelepasan tukik dan penyu hijau tersebut dilakukan oleh para wisatawan yang berada di Pantai Kuta. Anak-anak hingga orang dewasa antusias melepas ratusan anak penyu hingga tukik ke lautan lepas.

"Aksi ini sangat mulia. Tak tergambarkan dengan kata-kata bagaimana pentingnya mengajarkan pada turis tentang pentingnya menyelamatkan tukik dan penyu hijau," ujar turis mancanegara, Chloe.

Ratusan penyu ini merupakan hasil penangkaran konservasi hewan langka di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat pemerhati hewan dilindungi dan desa adat. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.