Sukses

Batu Akik Sisik Naga Khas Sulawesi Selatan

Liputan6.com, Enrekang - Trotoar di sepanjang jalan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan diubah menjadi deretan lapak penjual batu akik. Ada belasan penjual yang menawarkan ragam batu akik dengan kelebihan dan ciri khasnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (26/5/2015), Sulawesi Selatan memiliki batu khasnya sendiri, yaitu ada jenis celebes tampaning dan manakara. Namun yang paling banyak dicari adalah jenis batu akik sisik naga.

"Salah satunya sisik naga, ini yang banyak dicari orang-orang dari luar karena orang luar tidak memilikinya. Sedangkan kita di sini banyak memilikinya, jadi mereka penasaran ingin memilikinya," ucap seorang pedagang.

Batu alam ciri khas daerah Enrekang ini unggul dengan motifnya yang unik menyerupai retakan. Salah satunya adalah corak yang menyerupai cangkang kura-kura dengan serat tembaga atau urat emas.

Untuk mendapat kualitas batu terbaik, sang penjual turun langsung mencari bongkahan batu alam. Dari bongkahan batu akan mengalami proses pembentukan kemudian digosok hingga mengilap.

Sebagian batu akik juga direndam di air selama beberapa saat untuk memunculkan warna indahnya. (Vra/Sss)