Sukses

5 Motif Batu Akik Teraneh di Indonesia

Citizen6, Jakarta Batu akik dan berita begal kini menjadi sangat populer, tapi kedua berita ini membawa 2 sisi mata uang yg bertolak belakang. Akik membawa berkah bagi pemilik, begal menjadi racun bagi masyarakat.  Nah, dibalik batu akik yang dulu identik dengan cincin yg dipakai dukun, sekarang hobi koleksi batu akik merambah ke pejabat, penguasa, tentunya ini berdampak bagi sang empunya batu akik. Semakin motif dan gambarnya yang aneh, cantik dan hidup, semakin mahal harga batu yang bisa digali di mana-mana tersebut.

1. Motif Akik Gambar Wajah Harimau

Kini batu akik dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dijual dengan harga Rp1,5 miliar. Batu akik ini mempunyai motif menyerupai gambar harimau Sumatera. Batu akik itu sudah berusia puluhan tahun. Bahkan, sudah turun temurun dimiliki seorang nenek ke bapak dan kini di tangan cucu.

Terlihat jelas, di bagian muka batu akik itu, ada motif mirip harimau dengan mulut menganga. Pemotongan batu ini juga terlihat tepat, karena bagian kepala harimau tergambar sempurna. A Harahap pemilik batu akik bergambar harimau Sumatera itu kepada wartawan, berujar, batu akik tersebut diperoleh dari almarhum orangtuanya. Orangtuanya juga memeroleh batu itu dari nenek mereka. Diperkirakan usia batu akik itu sudah puluhan tahun.

2. Motif Akik Macan Tutul

Salah satu batu akik bermotif Leopard asal Kabupaten Banyuwangi ditawar puluhan juta rupiah. Hal tersebut diungkapkan oleh M Chotib (46), salah satu kolektor batu akik, saat ditemui Kompas.com, Rabu (4/3/2015).

“Ada yg ditawar sampai 30 juta. Semua batu ini saya temukan sendiri di wilayah Banyuwangi selatan. Selanjutnya, saya asah sendiri,” kata Chotib yang mengaku mengoleksi batu akik sejak lajang. untuk mendapatkan batu dengan motif yang unik, dia keluar masuk hutan serta perbukitan dan juga menyusuri pinggiran pantai. Ia mengaku banyak menemukan batu-batu yang bermotif unik di Banyuwangi.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Paling Unik

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Loading