Sukses

BlackBerry `Jakarta` Akan Dipamerkan di Barcelona

Smartphone murah BlackBerry Jakarta rencananya akan dipamerkan di ajang pameran gadget dunia Mobile World Congress di Barcelona.

BlackBerry telah menjalin kerjasama dengan Foxconn untuk membuat smartphone murah dengan nama kode Jakarta. Smartphone murah tersebut akan mengadopsi sistem operasi terbaru BlackBerry 10.

Handset tersebut rencananya akan dipamerkan di ajang pameran gadget dunia Mobile World Congress di Barcelona pada 24-27 Februari 2014. Chairman Hon Hai Precision Industry, Terry Gou menegaskan perangkat terbaru BlackBerry tersebut dirakit oleh divisi mobile Hon Hai.

"Kami bekerja sama dengan mereka [Foxconn] untuk mendesain handset baru, dan kami akan memperkenalkan beberapa perangkat di acara itu di Barcelona bulan Februari ini," kata chairman Hon Hai Precision Industry tersebut yang lebih dikenal dengan merek dagang Foxconn.

Sayangnya hingga saat ini spesifikasi perangkat tersebut belum bisa diketahui. Namun banyak yang berspekulasi bahwa smartphone murah BlackBerry nantinya tidak akan menggunakan keyboard fisik, melainkan layar full touchscreen.

Guo juga menyebut bahwa BlackBerry akan memperkenalkan beberapa perangkat baru. Jadi kemungkinan BlackBerry Jakarta tidak akan hadir sendirian, kabarnya BlackBerry Ontario yang merupakan nama ibukota Kanada juga akan diperkenalkan di acara itu.

BlackBerry disarankan agar menjual BlackBerry Jakarta di bawah harga $ 150 atau Rp 1,8 juta. Jika dijual di atas harga tersebut, besar kemungkinan BlackBerry Jakarta tidak akan dilirik konsumen. Sebab dengan harga segitu konsumen bisa membeli smartphone Android, bahkan ada banyak smartphone Android yang dijual di bawah $ 150.

BlackBerry dan Foxconn menjalin kesepakatan kerjasama selama 5 tahun untuk merancang smartphone BlackBerry versi murah. BlackBerry sendiri akan tetap fokus pada teknologi perangkat lunak.

Foxconn sendiri memang telah melobi pemerintah Indonesia dalam setahun belakangan ini untuk mendirikan pabrik manufakturnya di Indonesia. Rencana Foxconn untuk membangun pabrik di Indonesia disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Rencananya Jokowi akan menyediakan lahan seluas 200 hektar untuk pembangunan pabrik Foxconn di Jakarta.

Baca juga:
Jokowi Siapkan Lahan Untuk Pabrik BlackBerry di Jakarta
BlackBerry Jakarta Harus Lebih Murah dari Android?
Foxconn Beberkan Rencana Tentang BlackBerry Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini