Sukses

CEO Apple Bela Kaum Gay dan Peringatkan Pentingnya HAM

Tim Cook memang dikenal sebagai pribadi yang sangat open minded. Hal ini pula mungkin yang mempengaruhi perubahan strategi bisnis Apple.

CEO Apple Tim Cook, terpilih menjadi salah satu tokoh dunia teknologi yang berhak mendapatkan lifetime achievement dari Auburn University, Alabama, Amerika Serikat. Pria kelahiran 1 November 53 tahun lalu itu dianugerahi penghargaan berkat sumbangsihnya di dunia industri dan bisnis global, khususnya di bidang teknologi.

Pada acara yang dilangsungkan di markas besar PBB, New York tersebut Cook diberikan kesempatan untuk memberikan sebuah ceremony award. Menurut yang dilansir laman Business Time, Senin (16/12/2013), dalam pidato berdurasi kurang lebih 13 menit itu Cook banyak berbicara soal pentingnya hak asasi manusia (HAM), anti diskriminasi terhadap kaum minoritas, serta kesetaraan gender dan hak pekerja yang lebih baik.

"Saya percaya Apple bisa sukses karena sangat menghargai hak para pekerjanya, mendukung penuh kesetaraan gender, termasuk pilihan orientasi seksualnya," tutur Cook.

Sosok yang menduduki jabatan CEO Apple sejak pertengahan 2011 lalu itu memang dikenal sebagai pribadi yang sangat open minded. Hal ini pula mungkin yang mempengaruhi perubahan strategi bisnis Apple di era Cook dibandingkan era Steve Jobs.

Seperti yang diketahui, Cook hampir merubah total konsep ponsel pintar iPhone yang merupakan maha karya Steve Jobs. Ia merubah pakem desain iPhone 5, dan sempat sedikit dianggap 'merusak citra' iPhone ketika merilis seri iPhone 5C yang awalnya direncakan sebagai varian pertama smartphone entry-level dari Apple.

Untuk menyudahi pidatonya, Cook mengutip kata-kata mutiara dari para pejuang hak asasi manusia seperti Martin Luther King Jr dan Nelson Mandela. Dan ditutup dengan standing ovation dari para undangan acara yang hadir. (dhi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.