Sukses

Microsoft Pamer Logo dan Tampilan Baru Mesin Pencari Bing

Melalui logo baru dan tampilan baru, Microsoft menginginkan Bing tak hanya sekedar mesin pencari di situs.

Beberapa waktu lalu, pengguna internet dapat penyegaran dengan logo baru yang diperkenalkan Yahoo. Penyegaran itu tampaknya diperpanjang. Ini disebabkan mesin pencari Bing yang baru saja memperkenalkan logo barunya.

Dilansir dari laman ZDNet, Selasa (17/9/2013), logo baru dan tampilan baru Bing itu telah resmi diperkenalkan Microsoft mulai hari ini. Dalam penjelasannya, Microsoft menginginkan Bing tak hanya sekedar mesin pencari di situs.

"Bing sekarang merupakan brand yang mengkombinasikan teknologi pencarian lintas produk yang Anda gunakan tiap hari untuk menambah kemampuan Anda lebih mendalam," kata Scott Erickson, Direktur Senior untuk Brand dan Kreatif di Bing, di blog resmi Microsoft.

Logo baru ini memperlihatkan huruf "b" dengan lekukan tegas namun tetap terlihat dinamis. Tentu tak hanya tampilan baru, sebab Bing kini disertai dengan kemampuan baru. Kemampuan itu antara lain integrasi dengan pencarian berbasis suara dengan sensor Xbox Kinect, foto atau peta yang disertakan di dokumen Office, fitur translasi untuk Windows Phone, serta aplikasi Bing AppEx di Windows 8 dan Windows Phone. Selain itu juga ada fitur bernama "Cortana" yang serupa dengan Siri di iOS atau Google Now di Android.

Desain Bing pun tampil dengan gaya baru. Dilansir dari laman The Verge, Microsoft hadirkan desain baru yang responsif untuk beradaptasi lintas platform, baik untuk PC, tablet, atau ponsel.

Salah satu perubahan terbesar di hasil pencarian adalah fitur bernama "Page Zero". Fitur ini menampilkan informasi singkat dari pencarian, sebelum hasil pencarian lain dipaparkan. Sepintas, ini seperti yang sudah dimiliki mesin pencari Google. Ada juga fitur bernama Pole Position. Dengan fitur ini maka pencarian yang lebih spesifik bisa dilakukan untuk memberikan informasi lebih detail.

Layout di mesin pencari Bing juga akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. "Hasilnya akan terlihat cantik di Surface atau iPad sama seperti di PC atau ponsel," demikian pernyataan Microsoft. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini