Sukses

Pantau Trafik Lebaran, Telkomsel Buat Pusat Pemantauan Jaringan

Pusat pemantauan ini diharapkan bisa mengawasi status kesiapan Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC).

Momen Lebaran tentu saja digunakan orang untuk silaturahmi. Jika tidak bisa berkunjung secara langsung ke saudara dan kerabat, biasanya perangkat telekomunikasi seluler menjadi alternatif untuk bersilaturahmi. Karena itu trafik seluler saat Lebaran relatif tinggi.

Telkomsel sebagai salah satu operator seluler di Indonesia pun melakukan pemantauan secara intensif kesiapan jaringan dan infrastrukturnya di seluruh tanah air. Ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan penggunanya dalam berkomunikasi saat Hari Raya.

Untuk memantau trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat, Telkomsel pun menghadirkan Network Operation Center (NOC) di Jakarta. Pusat pemantauan ini diharapkan bisa mengawasi status kesiapan Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC). Dalam hal ini adalah bisa melakukan fungsi remote maintenance, atau melakukan perawatan dan perbaikan dari jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi BTS atau BSC.

Selain itu NOC juga berfungsi untuk melaporkan sejarah kejadian yang ada di BTS atau BSC. Ada juga fungsi measurement atau memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS. Hasil pengukuran ini akan memberi informasi mengenai kesiapan BTS dalam melayani lonjakan arus telekomunikasi selular. Dengan demikian, setiap permasalahan yang timbul dapat segera diatasi dan pelanggan dapat menikmati layanan telekomunikasi dengan nyaman.

“Melalui NOC kami terus memantau kondisi jaringan di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang jalur mudik saat libur lebaran kali ini. Dengan ini perbaikan cepat terhadap gangguan teknis dapat dilakukan dari jarak jauh," kata Direktur Utama Telkomsel Alex Sinaga, dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu malam (7/8/2013).

Data Naik Signifikan

Telkomsel pun mencatat kenaikan trafik secara signifikan sejak H-3 Lebaran. Kenaikan penggunaan data naik 16,7 persen dibanding hari normal. Area Sumatera dan Jawa-Bali yang menjadi tujuan mudik utama tercatat sebagai lokasi kenaikan yang signifikan, yaitu 23,6 persen dan 28,2 persen.

Menariknya, penggunaan voice (suara) dan SMS mengalami penurunan. Untuk voice, trafiknya turun 8 persen. Sedangkan trafik SMS turun hingga 1,2 persen.

Telkomsel sendiri memperkirakan akan terjadi kenaikan Data sebesar 15%, Voice dan SMS sebesar 5% saat Lebaran tahun ini dibandingkan trafik rata-rata hari normal di tahun 2013. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini