Sukses

Apple dan Meta Lagi PDKT, Bakal Boyong AI Generatif Baru ke Apple Intelligence?

Apple dikabarkan menjalin kerjasama dengan Meta untuk mengintegrasikan AI generatif Meta ke dalam platform Apple Intelligence. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan AI pada perangkat Apple seperti iPhone dan Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut sedang dalam diskusi mendalam dengan Meta, perusahaan bentukan Mark Zuckerberg.

Kabarnya, Apple ingin mengintegrasikan model AI generatif milik raksasa media sosial itu ke platform Apple Intelligence.

Dilansir Wall Street Journal, Senin (24/6/2024), kolaborasi dengan Meta ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan AI pada perangkat Apple, seperti iPhone dan Mac.

Sumber anonim yang mengetahui kabar ini menyebut, perusahaan induk Facebook sudah berbicara dengan Apple mengenai cara mengintegrasikan AI generatif miliknya ke dalam ekosistem Apple Intelligence.

Selain Meta, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga sedang melakukan pembicaraan mendalam dengan startup AI terkenal, seperti Anthropic dan Perplexity.

Sayangnya, masih belum diketahui secara pasti sudah sejauh mana pembicaraan Apple dan Meta terkait integrasi di Apple Intelligence ini.

Diketahui, Apple sudah menjalin kerja sama dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke platform Apple Intelligence.

Saat diumumkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, Apple Intelligence menjanjikan pengalaman AI terbaik di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Apa Itu Apple Intelligence?

Platform Apple Intelligence sendiri hadir dengan menggabungkan kekuatan model generatif dan konteks personal.

Lewat kombinasi ini, Apple mampu menghadirkan kecerdasan buatan yang sangat membantu dan relevan bagi setiap pengguna.

"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan babak baru dalam inovasi Apple," ujar Tim Cook, CEO Apple, dalam keterangan resminya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seperti Apa Kemampuan Apple Intelligence?

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)</p>

"Apple Intelligence akan mengubah hal yang dapat pengguna lakukan dengan produk kami, dan hal yang dapat produk kami lakukan bagi pengguna," katanya.

Fitur Apple Intelligence ini dapat mengakses informasi dengan kerahasiaan, dan keamanan sangat dijaga untuk membantu pengguna melakukan hal paling penting bagi mereka.

"Ini adalah AI yang hanya dapat dihadirkan Apple, dan kami tidak sabar melihat pengguna mencoba apa yang dapat dilakukannya," ucap Tim Cook.

Fitur Utama Apple Intelligence:

  • Alat Penulisan: 

Apple Intelligence menghadirkan berbagai cara baru bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berkomunikasi agar lebih efektif.

Alat Penulisan baru di tingkat sistem yang terintegrasi dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia membantu pengguna menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun mereka menulis, termasuk Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

3 dari 5 halaman

Fitur Apple Intelligence Lainnya?

<p>Fitur baru di iOS 18. (Doc: Apple)</p>

  • Mail:

Apple Intelligence membuat pemantauan email menjadi lebih mudah dan efisien. Pesan Prioritas menampilkan email paling mendesak, dan Ringkasan Pesan membantu pengguna memindai pesan yang panjang.

Selain itu, ada juga Balasan Cerdas memberikan saran untuk respons cepat, Pemberitahuan Prioritas memastikan pengguna tidak melewatkan hal penting.

Kurangi Gangguan membantu pengguna tetap fokus, transkripsi panggilan memungkinkan pengguna meninjau percakapan, dan ringkasan audio memberikan poin-poin penting dari panggilan.

  • Image Playground:

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menarik dalam hitungan detik dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Image Playground mudah digunakan dan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi termasuk Pesan.

  • Genmoji:

Genmoji memungkinkan pengguna membuat emoji orisinal untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Pengguna dapat membuat Genmoji teman dan keluarga berdasarkan foto mereka dengan hanya mengetikkan deskripsi.

Nantinya, Genmoji akan muncul dengan opsi tambahan. Pengguna dapat menambahkan genmosi dengan pesan, dibagikan sebagai stiker, atau reaksi di Tapback.

4 dari 5 halaman

Apple Intelligence di Aplikasi Bawaan iPhone dkk

<p>Aplikasi Photos dirombak besar-besaran oleh Apple di iOS 18. (Doc: Apple)</p>

  • Foto:

Apple meningkatkan pengalaman foto dan video dengan pencarian foto dan video yang lebih mudah via Apple Intelligence.

Perusahaan juga memperkenalkan alat Pembersih untuk menghapus objek yang mengganggu, dan Memori untuk membuat cerita secara otomatis.

  • Siri:

Asisten virtual milik Apple ini akan menjadi lebih terintegrasi ke dalam pengalaman sistem dengan kemampuan pemahaman bahasa lebih kaya, dukungan perangkat, kesadaran layar, dan ratusan tindakan baru.

Siri juga dapat memanfaatkan keahlian ChatGPT untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas tertentu.

  • Komputasi Cloud Pribadi:

Apple Intelligence menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI dengan memproses data di perangkat dan menggunakan cloud hanya untuk tugas yang kompleks.

  • ChatGPT:

ChatGPT terintegrasi di seluruh platform Apple untuk membantu pengguna dengan kemampuan pemahaman gambar dan dokumen.

Didukung GPT-4o, pengguna dapat mengakses generatif ini secara gratis tanpa perlu membuat akun.

Pengguna iPhone juga bisa menghubungkan akun mereka, dan mengakses fitur berbayar langsung dari pengalaman.

5 dari 5 halaman

Ketersediaan dan Persyaratan untuk Apple Intelligence?

Apple Perkenalkan Apple Intelligence (Dok: Apple)

Apple Intelligence tersedia gratis untuk pengguna dan akan tersedia dalam versi beta sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini dalam bahasa Inggris (AS).

Beberapa fitur, platform perangkat lunak, dan bahasa tambahan akan hadir tahun depan. Apple Intelligence membutuhkan iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, atau iPad dan Mac dengan M1 dan versi lebih baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.