Sukses

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Jadwalkan Acara di Fitur Komunitas

WhatsApp mengumumkan fitur baru di Komunitas yang memungkinkan pengguna mengatur informasi dan jadwal acara di aplikasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan fitur baru di layanan Komunitas yang ada di aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (2/5/2024), kini pengguna akan lebih mudah merencanakan pertemuan mereka langsung di WhatsApp lewat Komunitas. Fitur ini membantu pengguna untuk menyiapkan rapat virtual atau makan malam ulang tahun.

"Semua orang dapat membuat acara dan yang lain dapat meresponsnya sehingga seluruh anggota grup tahu acara yang akan datang," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Tidak hanya itu, para tamu juga dapat menemukan acara di halaman informasi grup, sekaligus mendapatkan notifikasi otomatis ketika acara semakin dekat. Awalnya, fitur ini akan tersedia dalam grup yang menjadi bagian Komunitas WhatsApp ebih dulu, baru kemudian diluncurkan ke semua grup.

WhatsApp juga menghadirkan balasan ke Grup Pengumuman. Jadi, admin dapat mendengarkan masukan dari anggota sambal menjadikan grup sebagai tempat mudah mengetahui informasi di Komunitas.

Nantinya, balasan akan dikelompokkan menjadi satu dan diminimalkan, sehingga pengguna dapat melihat apa yang dikatakan orang lain sesuai konteksnya. Tidak hanya itu, notifikasi akan dibisukan untuk semua orang.

"Selama beberapa bulan ke depan, kami akan terus meluncurkan fitur baru ke Komunitas dan grup sehingga orang-orang memiliki lebih banyak fitur untuk menjaga kehidupan mereka terus terorganisasi di WhatsApp," tulis aplikasi chatting itu menutup pernyataannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhirnya! Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Telepon Tanpa Simpan Kontak

Sebelumnya, WhatsApp, aplikasi pesan milik Meta, terus menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi 3 miliar penggunanya di dunia. Lewat pembaruan terbarunya, WhatsApp meluncurkan fitur baru.

Adapun fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna untuk menelepon nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak.

Fitur baru WhatsApp ini hadir untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam berkominikasi, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menyimpan nomor kontak seseorang hanya untuk melakukan panggilan telepon.

Bagaimana caranya? Dilansir WABetaInfo, Minggu (27/4/2024), Meta akan menambahkan fitur dial (dialer) ke dalam aplikasi WhatsApp. Perubahan ini terlihat di aplikasi WhatsApp versi beta terbaru (v2.24.9.28).

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, fitur dial di WhatsApp ini terlihat sederhana dengan keypad T9 di bagian bawah layar dan tombol panggil berwarna hijau di bawah keypad.

Saat ini, pengguna WhatsApp yang ingin melakukan nelepon harus sudah menyimpan nomor pengguna lain di daftar kontak. Dengan fitur WhatsApp ini, nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak tetap dapat dihubungi.

Sebelumnya, WhatsApp sempat melakukan perubahan serupa dengan memungkinkan penggunanya mengirim pesan ke nomor yang tidak disimpan dalam daftar kontak.

Tampaknya, perubahan tersebut mendapatkan feedback positif sehingga perusahaan akhirnya memutuskan fitur tersebut saat pengguna ingin melakukan panggilan telepon.

3 dari 4 halaman

WhatsApp untuk iOS Gulirkan Login Tanpa Password Pakai Cara Ini

Di sisi lain, aplikasi WhatsApp bergabung dengan deretan aplikasi lain yang bisa login tanpa kata sandi. Kok bisa? Mengutip The Verge, Kamis (25/4/2024), WhatsApp menyebut, kini aplikasi versi iOS-nya mendukung Passkey.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna WhatsApp bisa menggunakan biometrik iPhone untuk login, baik itu melalui FaceID atau Touch ID, atau kode sandi telepon mereka.

WhatsApp telah mendukung pembukaan kunci aplikasinya di iOS dengan salah satu opsi ini, namun pengaktifan Passkey membawa kemudahan keamanan ke tingkat lanjut.

Dukungan passkey ini hadir ke aplikasi WhatsApp versi iPhone beberapa bulan setelah Meta menggulirkan kemampuan serupa ke WhatsApp Android, Oktober lalu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecek Apakah WhatsApp di iOS Sudah Dukung Passkey

Juru bicara WhatsApp Zade Alsawah mengatakan, "Pengguna WhatsApp iOS akan melihat opsi keamanan dengan fitur Passkey pada aplikasi dalam beberapa minggu mendatang. Jika Anda belum melihatnya sekarang, teruslah memeriksanya."

Passkey sendiri ditujukan untuk menjadi fitur keamanan yang lebih aman di masa depan. Passkey ini merupakan otentikasi keamanan yang menghilangkan kata sandi dan 2 Factor Authentication berbasis SMS.

Dengan adanya fitur seperti ini, pengguna bisa masuk ke WhatsApp, bahkan ketika pengguna tak terhubung ke jaringan karena ponsel menyimpan kunci otentikasi.

Cara mengecek apakah WhatsApp di iOS kamu sudah memiliki fitur Passkey ini, antara lain:

  • Buka WhatsApp
  • Pengaturan
  • Akun
  • Passkeys

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini