Sukses

Ada Bocoran Nomor Model Galaxy Z Fold 6 Ultra, Hanya Tersedia di Korea?

Terdapat bocoran mengenai nomor model dari Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra yang menunjukkan ponsel tersebut akan segera rilis di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai kemunculan Samsung Galaxy Z Fold 6 tampaknya akan menjadi kenyataan. Pasalnya, terdapat bocoran mengenai nomor model dari HP Samsung itu yang menunjukkan bahwa ponsel tersebut akan segera rilis di pasaran.

Sebagai informasi, Samsung tidak pernah merilis varian Ultra untuk ponsel layar lipat mereka. Perusahaan asal Korea ini pertama kali merilis seri Ultra di lini Galaxy S20, dan kini dikabarkan Samsung akan merilis seri Ultra untuk yaitu Galaxy Z Fold 6.

Meski belum diumumkan secara resmi, mengutip laporan dari Android Headlines, Minggu (28/4/2024), ponsel ini diketahui sudah memiliki nomor model SM-F958N.

Disebutkan, nomor model tersebut diduga kuat merujuk pada Galaxy Z Fold 6 Ultra. Sebab, Samsung biasanya menetapkan nomor delapan pada digit terakhir nomor model untuk ponsel lini Ultra.

Sebagai contoh, nomor model Galaxy S23 adalah SM-S911x, sedangkan nomor model S23 Ultra adalah SM-S918x. Hal sama juga berlaku pada lini Galaxy S24, dengan nomor model lini Galaxy S24 adalah SM-S921x, sedangkan nomor model Galaxy S24 Ultra adalah SM-S928x.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra sendiri belum muncul, tapi sudah ada beberapa rumor yang beredar mengenai smartphone ini.

Berdasarkan sejumlah laporan, smartphone ini akan menggunakan setup tiga kamera yang sama dengan seri sebelumnya.

Kamera Fold 6 Ultra terdiri dari kamera utama 50MP bukaan f/1.8 dengan OIS, kamera telefoto 10MP 3x bukaan f/2.4 dengan OIS, dan kamera ultrawide 12MP bukaan f/2.2.

Selain itu, Z Fold 6 diharapkan akan memiliki bodi yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan lini Galaxy Z Fold sebelumnya. HP Samsung ini kemungkinan akan memiliki slot stylus bawaan untuk S Pen, sama seperti S24 Ultra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold 6 Hanya Rilis untuk Pasar Korea?

Meski rumor mengenai Galaxy Z Fold 6 Ultra akan menjadi kenyataan dan akan segera rilis, ada dugaan Galaxy Z Fold 6 Ultra kemungkinan hanya akan dijual eksklusif di Korea.

Alasannya, menurut laporan dari Android Headlines, terdapat huruf N pada nomor model SM-F958N di Galaxy Z Fold 6 Ultra.

Sebagai informasi, huruf terakhir pada nomor model ponsel Samsung menunjukkan wilayah pasar tempat perangkat tersebut tersedia, dan huruf N pada nomor model HP Samsung merupakan kode huruf untuk Korea.

Dari laporan itu juga diketahui tidak terdapat kode huruf lain yang terdapat pada nomor model Galaxy Z Fold 6 Ultra selain kode huruf N. Karenanya, ada dugaan kuat perangkat ini hanya akan meluncur di Korea Selatan. 

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Bakal Punya Pilihan Warna Baru

Sementara itu, ada bocoran terbaru soal warna anyar yang dari Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Seperti diketahui, lini Galaxy Z Flip dikenal biasa memiliki varian warna yang lebih beragam dari lini Galaxy Z Fold, terlihat dari Galaxy Z Flip 5 yang memiliki tujuh pilihan warna berbeda di situs resmi Samsung.

Namun seperti dikutip dari Android Authority, Rabu (24/4/2024), leaker ternama Ross Young telah membocorkan varian warna baru yang akan hadir di lini ponsel lipat terbaru Samsung itu.

Galaxy Z Flip 6 sebelumnya dikabarkan akan hadir dalam varian warna light blue, light green, silver, dan yellow. Laporan terbaru dari Young menunjukkan varian warna light green akan diberi nama mint, sedangkan varian warna silver akan diberi nama silver shadow.

Selain itu, pilihan warna untuk Z Flip 6 akan menampilkan beberapa opsi, seperti crafted black, peach, dan white. Namun, warna khas ungu/lavender, yang menjadi ciri khas lini Z Flip sebelumnya, tidak ada dalam daftar ini.

Galaxy Z Fold 6 menjanjikan skema warna yang lebih kalem. Warna yang dirumorkan sebelumnya adalah dark blue, light pink, dan silver. Ross mengonfirmasi nama warna dark blue dan silver akan berganti nama menjadi navy dan silver shadow.

Meskipun varian warna keseluruhan untuk Z Fold 6 masih sama seperti pendahulunya, Samsung disebut akan menghadirkan varna warna pink untuk menghadirkan sentuhan baru di jajaran Galaxy Z Fold. 

4 dari 4 halaman

Varian Storage Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6

Selain membocorkan varian warna yang akan hadir, Ross Young juga membocorkan kapasitas penyimpanan yang akan dibawa oleh lini Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Galaxy Z Flip 6 dilaporkan akan menawarkan opsi 256GB dan 512GB, sedangkan Z Fold 6 akan menyertakan varian 256GB, 512GB, dan 1TB.

Tak hanya itu, ada pula rumor yang menyebut soal varian Ultra dengan harga lebih tinggi, dibandingkan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip.

Lalu, terdapat pula versi FE yang lebih ramah kantong. Lini FE ini disiapkan untuk menarik lebih banyak minat orang merasakan pengalaman menggunakan ponsel layar lipat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.