Sukses

Update One UI 6.1 dan Galaxy AI ke Galaxy S22 Ditunda, Ini Penyebabnya

Ditemukan bug pada pembaruan One UI 6.1 yang menyebabkan beberapa masalah di Galaxy S22. Hal ini membuat update Galaxy AI ke ponsel flagship Samsung yang berusia 2 tahun itu ditunda.

Liputan6.com, Jakarta - Antusiasme pengguna Galaxy S22 untuk mendapatkan update One UI 6.1 dan Galaxy AI sepertinya mengalami kendala. Pasalnya, terdapat bug yang mengganggu, alhasil peluncuran update tersebut dihentikan sementara.

Sekadar informasi, pembaruan One UI 6.1 menghadirkan beberapa penyegaran tampilah dan penambahan fitur terbaru, termasuk Galaxy AI yang menghadirkan sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI).

Rencananya, Samsung akan menghadirkan beberapa fitur Galaxy AI untuk beberapa smartphone flagship keluaran lama, termasuk Galaxy S22.

Kendati demikian, pembaruan One UI 6.1 untuk Galaxy S22 itu harus disetop untuk sementara waktu. Sebab, ditemukan beberapa bug yang mengganggu kinerja ponsel itu.

Dikutip dari Android Authority, Minggu (5/5/2024), terdapat laporan di forum Komunitas Samsung yang menunjukkan bahwa pembaruan seri Galaxy S22 dihentikan karena masalah bug.

Diketahui, setelah melakukan pembaruan ke One UI versi terbaru, layar kunci di Galaxy S22 berhenti berfungsi, dengan diikuti oleh layar sentuh yang tidak dapat bekerja.

Bikin Pengguna Frustasi

Masalah tersebut menyebabkan pengguna frustrasi sehingga ponsel memerlukan reset data pabrik agar maslah tersebut dapat terselesaikan.

Pabrikan smartphone biasanya melakukan peluncuran bertahap untuk pembaruan besar, adapun pembaruan pertama kali diluncurkan ke sejumlah kecil individu dan kemudian secara bertahap diluncurkan ke lebih banyak pengguna.

Dalam kasus seri Galaxy S22, peluncuran pembaruan dimulai di Korea Selatan terlebih dahulu, dan kini pembaruan tersebut telah dihentikan untuk sementara waktu karena ditemukan bug One UI yang cukup fatal.

Samsung telah menarik update One UI 6.1 untuk Galaxy S22 dan kini tengah mendesain ulang software tersebut agar bug tidak terjadi lagi.

Setelah pembaruan itu diperbaiki, Samsung akan meluncurkan kembali update One UI tersebut dan diharapkan pembaruan tersebut tidak akan mengalami kendala apapun terhadap smartphone pengguna

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Touch Screen Galaxy S23 Bermasalah Setelah Update One UI

Tak hanya Galaxy S22 yang sempat mengalami kendala setelah update software ke versi One UI 6.1, Samsung Galaxy S23 juga sempat mengalami bug.

Bug di Galaxy S23 membuat banyak pengguna merasa tidak nyaman karena memaksa pengguna untuk mengetuk beberapa kali agar dapat mengklik di layar.

Menurut siaran pers Samsung, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Minggu (8/4/2024) perusahaan telah bekerja sama dengan Google untuk mengatasi bug ini dan memberikan perbaikan menyeluruh.

Saat ini, terdapat solusi sementara yang bisa dilakukan pengguna Samsung Galaxy S23, yakni menghapus data aplikasi Google di Settings.

Cara ini seharusnya bisa mengembalikan fungsionalitas layar sentuh, meski bukan perbaikan yang bersifat permanen.

Bicara tentang bug, insiden ini merupakan salah satu kasus di mana aplikasi yang tampaknya tidak terkait dapat memicu masalah yang tidak terduga.

Hal ini mengingatkan bahwa kolaborasi erat antara raksasa teknologi seperti Samsung dan Google sangat penting untuk kelancaran pengalaman pengguna.

3 dari 4 halaman

Samsung Kembali Hadirkan Proteksi Burn In OLED di One UI 6.1

Di sisi lain, One UI 6.1 menghadirkan beberapa fitur anyar, termasuk proteksi burn-in. 

Sesuai namanya, proteksi ini hadir untuk melindungi kemungkinan terjadinya burn-in di layar OLED. Namun di One UI 6, Samsung diketahui sempat menghapus sebagian kemampuan perlindungan burn-in di OLED.

Adapun cara kerja fitur ini adalah menggeser sedikit posisi ikon di bilah status untuk mencegah layar mengalami kondisi burn-in ketika dipakai dalam penggunaan jangka panjang.

Sebenarnya, di update sebelumnya, fitur ini tidak sepenuhnya hilang, karena Samsung masih melakukannya pada bilah navigasi di bagian bawah layar dan ketika Always-On Display aktif. Namun dengan update ini, kemampuan tersebut kembali hadir di bilah status.

Hanya untuk sekarang, kehadiran fitur ini baru diuji di Galaxy S23. Belum diketahui, apakah perangkat lain yang mendapatkan One UI 6.1 juga menerima fitur ini, tapi hampir dipastikan Samsung juga akan membawanya ke perangkat lain.

4 dari 4 halaman

Daftar HP Samsung yang Kebagian Update One UI 6.1

Untuk diketahui, Samsung sendiri memang telah menggulirkan One UI 6.1 ke sejumlah perangkat sejak beberapa hari lalu. Sebagai andalan, ada fitur Galaxy AI yang dihadirkan lewat update ini.

Bagi pengguna di Indonesia, update ini sudah diluncurkan secara bertahap sejak 28 Maret 2024. Adapun daftar HP Samsung yang mendapatkan pembaruan ini adalah :

  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip5
  • Galaxy Z Fold5
  • Galaxy Tab S9 (5G)
  • Galaxy Tab S9 Plus (5G)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (5G)
  • Galaxy Tab S9 (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Plus (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (Wi-Fi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.