Sukses

3 Cara Remote Working Praktis Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia

Bekerja di luar kantor alias remote working kadang membutuhkan kemampuan multitasking. Berikut adalah tiga cara membuat remote working lebih praktis dengan dukungan Galaxy AI Bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy AI Bahasa Indonesia kini tersedia di perangkat Galaxy S24 series. Kehadiran Galaxy AI Bahasa Indonesia menawarkan berbagai life hack.

Dengan begitu pengguna bisa menikmati pengalaman mobile AI untuk mendukung aktivitas, termasuk saat bekerja di luar kantor alias remote working.

Misalnya, dengan fitur Transcript Assist atau Text Call. Fitur ini memungkinkan pengguna tak ketinggalan informasi sembari ber-multitasking.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan, Galaxy AI Bahasa Indonesia memungkinkan pengguna lebih leluasa berkomunikasi, beraktivitas, dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan tanpa terkendala bahasa.

Menurut Verry, dengan Galaxy AI Bahasa Indonesia ini, pengguna bisa langsung menerjemahkan kata-kata dalam bahasa asing ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Mereka bisa memakai fitur Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, Note Assist, hingga Browsing Assist.

"Dengan begitu banyak life hack yang bisa dimaksimalkan, anak muda jadi lebih produktif di tengah remote working bahkan lintas negara dengan cara-cara yang praktis dan mudah," kata Verry, dikutip dari keterangan Samsung, Senin (6/5/2024).

Berikut adalah tips untuk memanfaatkan Galaxy AI Bahasa Indonesia agar remote working jadi lebih mudah dan praktis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Fokus Ber-multitasking Pakai Galaxy AI Saat Remote Working

Saat bekerja dari luar rumah, kadang kita harus melakukan berbagai hal dalam satu waktu.

Kesulitan untuk fokus kadang menjadi tantangan. Padahal, kemampuan ber-multitasking dibutuhkan bagi para pekerja yang melakukan remote working.

Untuk itu, kamu bisa memakai fitur Transcript Assist yang memungkinkan membuat transkrip dari rekaman audio dan menyusun rangkuman informasinya dalam Bahasa Indonesia.

Fitur ini membantu kamu merangkum kelas, workshop, atau meeting online. Dengan begitu, kamu bisa membaca ulang konten dan beberapa kegiatan tersebut di waktu lain dengan lebih fokus. Caranya:

  • Rekam percakapan selama kelas, seminar, workshop, atau meeting online berlangsung
  • Setelah rekaman dibuat, masuk ke aplikasi Voice Recorder dan pilih file yang diinginkanPilih Transcribe, lalu pilih opsi Bahasa Indonesia untuk membuat transkrip
  • Select all semua tulisan dan klik ikon Galaxy AI untuk membuat rangkuman
  • Galaxy AI akan menganalisis semua informasi yang ada dan memberi rangkuman secara otomatis
  • Tambahkan hasil transkrip dengan catatan atau notulensi manual yang kamu punya

 

3 dari 4 halaman

2. Meeting Online Sambil Teleponan

Fitur ini berguna saat kamu sedang sibuk atau berada di situasi yang sulit untuk mengangkat telepon.

Misalnya, saat sedang online meeting atau diskusi di luar kantor, kamu mungkin cukup enggan mengangkat telepon yang masuk ke smartphone karena khawatir akan menganggu jalannya online meeting atau diskusi yang berlangsung.

Kita mungkin akan mengabaikan panggilan ketika di situasi tersebut. Namun bisa saja itu telepon penting. Nah, Samsung Galaxy AI punya fitur Text Call yang memungkinkan pengguna bisa produktif sembari berbincang melalui panggilan telepon.

Text Call pada dasarnya memperlakukan panggilan telepon pengguna seperti chatting. Sementara, lawan bicaranya akan tetap merasakan pengalaman menelepon pada umumnya, karena balasan chat akan diterima dalam bentuk suara.

Berikut penjelasannya:

  • Saat pengguna menerima telepon dan tidak bisa mengangkat telepon dapat langsung menekan fitur Text Call, maka panggilan masuk tersebut akan berubah menjadi ‘live chat room’
  • Selama telepon berlangsung, suara penelepon akan otomatis dikonversi menjadi teks di smartphone pengguna Text Call
  • Pengguna Text Call bisa mengetik balasannya yang kemudian akan sampai ke penelepon dalam bentuk suara.

Cara menggunakannya:

  • Masuk ke Call Settings, pilih Text Call lalu aktifkan fitur tersebut
  • Ubah bahasa pada fitur Text Call menjadi Bahasa Indonesia
  • Pilih Voice untuk atur jenis suara yang akan merespons panggilan. Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi pada jenis suara tersebut
  • Pilih Quick Response untuk menyusun daftar jawaban singkat yang diinginkan untuk merespons penelepon dengan lebih cepat
  • Setelah fitur ini aktif, pilih opsi Text Call yang akan tampil di layar ketika ada panggilan masuk

 

4 dari 4 halaman

3. Menulis Kian Praktis dan Efisien

Lewat Galaxy AI, kamu bisa membuat konten media sosial hingga artikel lebih praktis.

Ada dua fitur yang bisa dimanfaatkan, yaitu Browsing Assist dan Note Assist, yang sudah mendukung opsi Bahasa Indonesia.

Dalam hal ini, fitur Browsing Assist akan meningkatkan efisiensi saat kamu melakukan riset dan mengumpulkan materi yang dibutuhkan dalam membuat konten dan artikel.

Sementara, Note Assist bakal memudahkan pengguna menghimpun informasi yang telah terkumpul dan mulai membuat tulisannya.

Kombinasi dua fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat konten hingga artikel secara praktis dan efisien tapi tetap berkualitas.

Cara pakainya:

  • Saat mencari referensi, ketuk ikon Browsing Assist di toolbar yang berada di bagian bawah layarJika artikel yang sedang kamu baca menggunakan bahasa asing, pilih tombol Terjemahan untuk diubah ke dalam Bahasa Indonesia jika dibutuhkan
  • Ringkas artikel pilihanmu, kemudian pindahkan hasil ringkasan ke aplikasi Samsung Notes
  • Tuliskan ide yang kamu miliki di aplikasi Samsung Notes berdasarkan hasil ringkasan artikel sebagai referensi
  • Gunakan fitur Note Assist untuk melakukan Correct Spelling atau menerjemahkan tulisan yang kamu buat ke bahasa yang diinginkan sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.