Sukses

Apple Bakal Tingkatkan Kemampuan AI di iOS 18, Apa Saja yang Berubah?

Apple telah melakukan beberapa langkah untuk menerapkan fitur AI generatif di iOS 18 yang akan rilis tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan akan menghadirkan lebih banyak fitur AI di iPhone melalui iOS 18. Rencananya, perusahaan akan melakukan beberapa cara untuk menerapkan fitur AI, termasuk bekerja sama dengan perusahaan teknologi lain.

Untuk diketahui, AI/kecerdasan buatan dan Machine Learning bukanlah hal baru di iPhone, Apple telah mengembangkan AI di iPhone selama bertahun-tahun.

Dikutip dari CNET, Rabu (24/4/2024), fitur AI yang telah disematkan di iPhone berupa Potrait Mode di kamera iPhone, serta kemampuan untuk menyalin dan menempelkan teks dari foto.

Kini, Apple akan menghadirkan lebih banyak fitur AI di iOS 18 di acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024. Dirumorkan, perusahaan akan membawa fitur AI ke tingkat berikutnya dengan menerapkan fitur AI generatif di iPhone.

Sebagai informasi, AI generatif merupakan model AI yang dilatih pada data bervolume besar dan mampu membuat konten sebagai respons atas perintah yang dimasukkan.

AI generatif pertama kali dipopulerkan oleh OpenAI melalui ChatGPT. Berkat kesuksesan ChatGPT, banyak perusahaan teknologi yang mengembangkan dan menerapkan AI generatif seperti Google, Samsung, dan Microsoft.

Meski Apple memang belum mengungkapkan rencananya untuk menghadirkan fitur AI di iOS 18, tapi hal itu sudah terlihat dari beberapa bocoran dan sejumlah langkah yang dilakukan perusahaan tersebut.

Salah satunya adalah beberapa laporan menunjukkan Apple telah mengakuisisi beberapa perusahaan startup AI, seperti DarwinAI dan Datakalab. Selain itu, ada beberapa rencana penerapan AI lainnya yang juga disebut akan dihadirkan Apple di iPhone, berikut beberapa di antaranya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS 18 Hadirkan Banyak Fitur AI

Laporan dari Bloomberg menyebut VP Software Engineering Apple, Craig Federighi telah ditugaskan mengimplementasikan sejumlah fitur baru ke dalam iOS yang diperkuat Large Language Model (LLM) milik Apple.

Kendati demikian, masih belum jelas apa saja fitur AI yang akan dihadirkan di iOS 18. Namun, laporan tersebut mengatakan Apple akan menghadirkan peningkatan AI pada aplikasi Messages dan Siri.

Menurut beberapa analis, Apple akan menunggu hingga bulan September 2024 untuk mengumumkan fitur AI baru bersamaan dengan perilisan iPhone 16.

Seperti diketahui, Samsung dan Google telah memberikan gambaran sekilas tentang cara AI generatif dapat mengubah cara penggunaan smartphone.

Kedua perusahaan itu menawarkan fitur yang dapat menulis ulang pesan teks dengan gaya bahasa yang berbeda sebelum menekan tombol kirim, serta alat pengeditan foto yang dapat mengisi ulang ruang kosong di foto setelah memindahkan objek.

Ada kemungkinan Apple akan menghadirkan fitur AI dengan kemampuan serupa di update iOS mendatang.

3 dari 4 halaman

Apple Bakal Kerjasama dengan Google Hadirkan Fitur AI Baru

Menurut laporan dari New York Times dan Bloomberg, Apple dilaporkan sedang melakukan pembicaraan dengan Google maupun OpenAI mengenai penggunaan model AI untuk mendukung fitur-fitur iPhone tertentu yang selanjutnya.

Model AI tersebut kemungkinan akan digunakan dalam untuk fitur AI yang memerlukan pemrosesan secara cloud.

Apple juga dilaporkan akan menggunakan LLM-nya sendiri untuk pemrosesan AI tanpa memerlukan koneksi internet.

Laporan dari Bloomberg menunjukkan, fitur AI generatif pertama Apple untuk iPhone akan diproses di perangkat, bukan di cloud.

AI yang diproses di perangkat dianggap lebih aman dan pribadi. Sebab, data tidak harus keluar dari perangkat, tetapi pemrosesannya memerlukan chipset yang lebih bertenaga.

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple disebut-sebut akan berfokus pada model AI yang dikerjakan di perangkat secara lokal, sambil mencari mitra untuk pemrosesan AI berbasis cloud. Kerja sama dengan perusahaan lain bukan hal baru bagi Apple.

Sebagai contoh, Google membayar Apple miliaran dolar untuk menjadi mesin pencari default di browser Safari. Selain itu, perusahaan juga bermitra dengan Qualcomm untuk menghadirkan modem 5G di iPhone.

4 dari 4 halaman

Prosesor Baru untuk Tingkatkan Pemrosesan AI

Untuk meningkatkan pemrosesan AI, Apple dikabarkan tengah mengembangkan prosesor yang dapat meningkatkan kinerja pemrosesan data.

Menurut laporan dari MacRumors, prosesor dengan nama A18 akan dibenamkan di lini iPhone 16. Prosesor tersebut akan memperluas kemampuan Neural Engine yang dapat membantu pemrosesan AI.

Siri juga digadang-gadang menjadi salah satu fokus Apple dalam penerapan fitur AI. Laporan dari Bloomberg menunjukkan, Siri akan mendapatkan fitur terbaru yang didukung AI.

Laporan tersebut mengutip kemampuan meminta Siri membuat GIF dari lima foto terakhir Anda, dan kemudian membagikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.