Sukses

Tim Cook Pertimbangkan Buka Apple Store di Indonesia

Terkait Apple Store di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Tim Cook akan mempertimbangkan hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warganet di platform X alias Twitter meminta CEO Apple Tim Cook untuk membuka toko resmi Apple Store di Indonesia.

 

Untuk diketahui, hingga saat ini produk Apple yang resmi di Indonesia dijual hanya melalui distributor resmi, seperti iBox, Digimap, serta Global Danapati Niaga (GDN) lewat Blibli dan Hello.

Terkait isu Apple Store di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Tim Cook akan mempertimbangkan hal tersebut.

"Itu salah satu permintaan kami juga (buka Apple Store di Indonesia), saya sudah sampaikan, Tim Cook (Apple) juga punya pertimbangan sendiri," ujar Budi Arie dalam konferensi pers usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Tim Cook di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Reseller produk Apple di Indonesia ada lima, itu juga salah satu permintaan. Saya sudah sampaikan juga, mereka punya pertimbangan sendiri," sambungnya.

Di sisi lain, Menkominfo menjelaskan bahwa dalam pertemuan selama satu jam itu, Tim Cook dan pemerintah menyepakati adanya sejumlah hal penting.

Salah satunya adalah upaya agar Indonesia bisa memberikan kontribusi lebih dalam rantai pasokan global Apple, termasuk dalam menyediakan komponen untuk produk-produk Apple.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cuma Ada Dua Komponen iPhone yang Dibuat di Indonesia

Budi Arie menyebut, saat ini dari 360 komponen di smartphone (iPhone), Apple hanya menggunakan dua komponen yang dibuat di Indonesia. Padahal di Vietnam, Apple menggunakan 72 komponen untuk iPhone.

"Jadi presiden sampaikan agar Apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan Apple menyambut baik hal itu," kata Budi Arie memberikan penjelasan.

Pasalnya, menurut data di Kementerian Peridustrian, dalam satu tahun nilai impor Indonesia sebesar USD 2 miliar dari Apple.

"Jadi Indonesia tidak hanya sekadar pasar, tetapi bisa menjadi global supply chain," kata Budi Arie.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Produksi 49 Juta HP per Tahun

Menkominfo Budi Arie menyebut Indonesia memproduksi 49 juta ponsel dalam setahun, di mana Indonesia mengimpor 2,8 juta ponsel pada 2023 dan 85 persennya Apple.

"Jadi gini, setahun itu ada 49 juta HP diproduksi di Indonesia, di mana kita impor 2,8 juta HP pada 2023 dan 85 persennya Apple. Berarti kan hampir 2 juta lebih ya, kita impor langsung," ungkapnya.

Budi menambahkan, pemerintah sudah menyampaikan angka tersebut kepada Tim Cook selaku pimpinan Apple.

"Kami sudah sampaikan angka ini, di Indonesia posisinya segini, masa (Apple) enggak mau bikin pbrik di Indonesia? Dan angka ini kemungkinan bisa lebih. Jadi nanti Apple senang, kita (masyarakat Indonesia) juga senang," ia memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.