Sukses

Bocoran Spesifikasi Lengkap iPhone SE 4 Terungkap, Mirip Banget iPhone 13?

Bocoran spesifikasi lengkap iPhone SE 4 terungkap, penampilannya disebut akan sangat mirip dengan iPhone 13 alih-alih iPhone 14. Cek di sini bocoran spesifikasi iPhone SE 4.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran tentang iPhone SE 4 terus bergulir dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 dikabarkan telah menambahkan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan alias AI.

iPhone SE 4 juga akan hadir dengan desain yang mirip dengan iPhone 13, alih-alih iPhone 14. Meski keduanya secara penampakan terlihat cukup mirip satu sama lain.

Ada sejumlah rumor baru mengenai spesifikasi iPhone SE 4, mulai dari gambar render, hingga klaim kalau iPhone dengan banderol harga terjangkau ini akan dirilis awal 2025.

Mengutip Apple Insider, Senin (15/4/2024), kini seorang leaker baru yang tak memiliki rekam jejak apa terkait Apple mengklaim dirinya memiliki rincian spesifikasi lengkap iPhone SE 4.

Leaker bernama Nguyen Phi Hung ini menyebut, kamera iPhone SE 4 akan didukung AI Photography.

Sejauh ini, sudah ada begitu banyak pemrosesan foto berbasis Machine Learning yang dilakukan pada foto oleh iPhone, sehingga ini mungkin hanya merupakan referensi ke fitur yang sudah ada, bukanlah fitur AI baru.

Penyebar informasi juga mengklaim, berbeda dengan banyak rumor yang sebelumnya beredar, iPhone SE 4 akan mirip dengan iPhone 13 alih-alih iPhone 14.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Dynamic Island

Keduanya tak begitu berbeda secara signifikan, karena sama-sama dirilis sebelum Apple memindahkan notch Face ID menjadi Dynamic Island.

Karena mirip iPhone 13, bagian depan iPhone SE 4 akan memiliki notch Face ID. Sementara, bagian belakangnya, menurut bocoran, akan mirip dengan iPhone XR karena hanya akan memiliki satu kamera belakang.

Leaker tersebut juga menyebut, kamera iPhone SE 4 tidak akan mendukung mode maam, tetapi memiliki mode sinematik 1080p.

3 dari 4 halaman

Usung Perekaman Sinematik Meski Hanya Satu Kamera Belakang

Sebelumnya, mode sinematik memerlukan setidaknya dua kamera, namun pada iPhone SE 4 yang hanya memiliki satu kamera, tak jelas bagaimana mode sinematik akan diaplikasikan.

iPhone SE 4 juga dikabarkan memiliki layar 6,1 inci. Leaker tersebut juga mengatakan, iPhone terjangkau ini akan didukung OLED, sebagai iPhone SE pertama yang menggunakan teknologi OLED.

Kemungkinan, iPhone SE 4 akan didukung RAM 6GB, dibandingkan dengan RAM 4GB dari model iPhone sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Pakai Chipset Milik iPhone 14

Dari sisi prosesor, iPhone SE 4 akan menggunakan chipset A16 Bionic seperti yang dipakai pada iPhone 14 Pro.

Jika ini benar, dua tahun setelah iPhone SE 3 dirilis, model berikutnya akan mendapatkan prosesor yang hanya satu tahun lebih baru.

Laker Nguyen Phi Hung tidak memberikan informasi tentang harga perangkat ini atau kapan iPhone SE 4 akan diumumkan.

Tetapi berdasarkan rumor yang umum di kalangan warganet, pengiriman pertama untuk iPhone SE 4 akan dilakukan pada 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.