Sukses

WhatsApp Rilis Stiker Baru Bertema Ramadan, Meriahkan Pesan ke Orang Terdekat

WhatsApp mengumumkan kehadiran paket stiker baru bertema Ramadan yang sudah tersedia dan bisa diunduh para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp turut memeriahkan bulan suci Ramadan kali ini dengan merilis paket stiker terbaru. Paket stiker baru ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berbagi ucapan dan doa dengan orang tersayang.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (9/3/2024), paket stiker WhatsApp edisi Ramadan ini sudah tersedia untuk para pengguna dan bisa dipakai.

"Selain berbagi makanan dan kebersamaan, Ramadan juga menjadi momen untuk saling mendoakan antar sanak saudara, baik yang dekat maupun yang jauh," tutur WhatsApp dalam keterangannya.

Sama seperti stiker lainnya, pengguna WhatsApp dapat mengaksesnya melalui ikon stiker dalam chat. Setelahnya, tekan simbol + untuk melihat semua pilihan paket stiker yang tersedia.

WhatsApp pun menjamin stiker ini telah dienkrupsi secara end-to-end. Jadi, pesan tersebut hanya dapat dibaca pengirim dan pengguna, sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

Sebelum kehadiran stiker khusus Ramadan ini, WhatsApp juga menghadirkan kemampuan membuat stiker mandiri untuk pengguna iOS. Fitur ini dirilis pada awal 2024.

Dijelaskan, fitur ini hadir untu perangkat yang menjalankan iOS 17 ke atas.

"Pengguna dengan versi iOS lebih lama masih bisa mengedit stiker yang sudah ada, tapi tidak dapat membuat stiker baru," kata aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Lewat Stiker Maker ini, pengguna aplikasi WhatsApp bisa mengubah foto diri mereka menjadi stiker atau mempersonalisasi stiker yang sudah ada dengan cepat, sehingga chatting menjadi lebih seru dan ramai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna WhatsApp di iPhone Bisa Bikin Stiker Sendiri, Begini Caranya

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, pengguna WhatsApp iPhone bisa membuat stiker sendiri tanpa harus melakukan drag and drop gambar dari galeri atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Pengguna dapat terus terproteksi oleh keamanan enkripsi end-to-end milik WhatsApp ketika membuat stiker di platform ini.

"Pembuatan stiker WhatsApp menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan fungsi pemotong otomatis dan berbagai alat edit," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Adapun alat pengedit-an tersebut mulai dari teks dan gambar, hingga kemampuan menempatkan stiker di atas stiker lainnya.

Setelah terkirim, stiker secara otomatis tersimpan di daftar stiker, sehingga pengguna bisa mengirimkannya kembali kapan saja mereka mau.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone

Cara membuat stiker dari sebuah gambar:

  • Buka daftar stiker dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Pilih ‘buat stiker’ dan pilih gambar dari galeri Anda
  • Sesuaikan stiker Anda dengan memilih potongan dan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

Cara Edit Stiker yang Sudah Ada:

  • Buka daftar stiker dan dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Tekan lama stiker yang ingin Anda edit, dan pilih ‘edit stiker’
  • Sesuaikan stiker Anda dengan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.