Sukses

Tips Pakai Galaxy AI untuk Mudahkan Traveling dari Persiapan hingga Bikin Konten

Manfaatkan fitur AI di Galaxy S24 Series untuk memaksimalkan pengalaman traveling Anda, mulai dari merencanakan perjalanan, berkomunikasi dengan penduduk lokal, hingga membuat konten epic.

 

Liputan6.com, Bali - Kegiatan traveling menjadi salah satu cara orang, termasuk gen Z, untuk melepaskan kepenatan usai belajar atau bekerja tanpa henti. Apalagi saat ini tren wisata meningkat seiring banyaknya destinasi wisata hidden gem di dalam dan luar negeri. 

Pandemi yang telah dinyatakan usai pun jadi alasan kegiatan traveling baik di dalam maupun luar negeri kini begitu diminati. 

Berbagai konsep liburan pun bermunculan, mulai dari slowcation hingga voluntourism. Keduanya memberi gen Z dan milenial punya banyak opsi untuk menikmati traveling lebih bermakna. 

Travel Content Creator Marischka Prudence pun membagikan kiatnya untuk membuat pengalaman traveling lebih maksimal. Perempuan yang biasa disapa Prue ini bilang, sebelum traveling orang perlu membuat rencana perjalanan yang matang. 

Dalam hal ini, AI yang tertaut pada Galaxy S24 Series dapat dipakai untuk membantu mendapat inspirasi liburan yang belum pernah terpikirkan. 

"Fitur-fitur AI di Galaxy S24 Series dapat memberikan aku banyak opsi untuk personalisasi rencana traveling sesuai lokasi didatangi, kegiatan dilakukan, hingga nilai tambah yang ingin aku rasakan (saat traveling)," kata Marischka, ditemui di Media Workshop Samsung Galaxy S24 Series di Ubud, Bali, Selasa (5/3/2024). 

Salah satu yang dilakukan dengan Galaxy AI di smartphone Samsung ini dengan mengeksplorasi destinasi traveling menggunakan Circle to Search with Google

Lalu, ia juga membuat itinerary dengan lebih praktis menggunakan Samsung Notes yang kini didukung fitur AI bernama Note Assist. 

Hal lain yang dapat dilakukan adalah meanfaatkan fitur Interpreter di Galaxy S24 Series. Fitur ini, bisa dipakai untuk mengobrol dengan orang asing berbeda bahasa, tanpa perlu menguasai bahasanya. 

"Pengalaman traveling yang didukung dengan AI ini adalah hal baru buatku, di mana aku bisa share lebih banyak cerita meaningful dari momen liburan aku ke media sosial," kata perempuan yang pernah jadi jurnalis di salah satu stasiun TV swasta itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Itinerary Lebih Praktis di Samsung Notes dengan AI

<p>Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Marischka banyak mendapatkan inspirasi destinasi wisata dari banyak hal. Mulai dari media sosial, rekomendasi teman, ataupun ide dari aktivitas wisata di tengah perjalanan.

Salah satu fitur yang dia pakai adalah Circle to Search with Google, yang memudahkannya mencari informasi soal destinasi wisata. 

Selain mencari lokasi dari sebuah gambar, pengguna bisa menambahkan keywords pada search bar untuk mendapatkan lebih banyak info. Mulai dari harga tiket pesawat dan akomodasi, review traveler lain, serta peraturan-peraturan yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk berkunjung ke destinasi tersebut. 

Selanjutnya, berbekal informasi yang dikumpulkan, Marischka selalu menyusun itinerary agar perjalanannya lebih terorganisir. Salah satu tipsnya adalah membuat itinerary yang sesuai dengan rute perjalanan, sehingga saat bepergian menjadi lebih fleksibel dan tidak terlalu ketat mengikuti jadwal.

Info yang Marischka dapat dari riset tersebut langsung ditulis di Samsung Notes. Fitur ini juga kerap dipakai untuk menuangkan ide liburannya dengan S Pen yang bisa diubah ke bentuk teks berkat fitur Convert to Text. 

Selain itu, salah satu fitur yang juga sering Marischka pakai adalah Auto Format untuk menyusun ulang catatan secara otomatis dengan menggunakan headers dan bullets agar lebih mudah dibaca. 

3 dari 5 halaman

2. Trik Simpel untuk Update Tentang Kondisi Lingkungan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

Galaxy S24 Series punya fitur Photo Ambient Wallpaper untuk menyesuaikan wallpaper lock screen dengan cuaca di sekitar. 

Bagi Marischka, ini menjadi pengaturan esensial yang perlu diterapkan sebelum berangkat liburan. 

Pasalnya, cukup dengan melihat layar smartphone, ia bisa dengan mudah selalu up-to-date dengan cuaca di luar walau sedang banyak berada di dalam ruangan. 

Mengingat faktor cuaca bisa sangat memengaruhi kegiatan traveling, apalagi kalau banyak berkegiatan di luar ruangan. 

Photo Ambient Wallpaper bisa membantu Marischka untuk menentukan aktivitas berikutnya yang akan dilakukan tergantung kondisi cuaca di sekitar, apakah mengikuti itinerary yang sudah ada atau cari alternatif lain.

Caranya:

  • Buka Pengaturan > Ketuk Fitur lanjutan.
  • Ketuk Lab.
  • Ketuk Wallpaper foto ambien.
  • Aktifkan Wallpaper foto ambien ke Aktif.
4 dari 5 halaman

3. Fitur Terjemahkan Bahasa 

<p>Fitur Galaxy AI Note Assist di Samsung Galaxy S24 Series. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Fitur pendukung komunikasi lintas bahasa dari Galaxy AI di Galaxy S24 Series perlu dipersiapkan sebelum bepergian ke luar negeri. 

Apalagi kalau kamu bepergian ke negara berbahasa asing, kamu bisa pakai Interpreter, Live Translate, hingga Chat Assist untuk memudahkan komunikasi, baik itu langsung atau via telepon dan chat. 

Saran dari Marischka adalah unduh terlebih dahulu seluruh pengaturan bahasa asing yang dibutuhkan. Baik itu di fitur Interpreter, Live Translate, atau Chat Assist. 

Jadi ketika sampai di negara tujuan dan belum dapat  koneksi internet, bisa tetap bertanya ke orang sekitar melalui Interpreter. Fitur ini bisa dipakai offline, tak perlu jaringan internet, jika pengguna sudah unduh bahasa yang dibutuhkan. 

Kamu bisa dengan mudah set up bahasa untuk Live Translate, Chat Assist dan Interpreter dengan mengikuti cara berikut:

  • Buka Pengaturan > Ketuk Fitur lanjutan.
  • Ketuk Kecerdasan tingkat lanjut.
  • Ketuk Telepon.
  • Alihkan saklar ke Aktif.
  • Atur bahasa Anda di bagian Saya dan bahasa orang lain di bagian Lawan bicara.
  • Jika kamu perlu mengunduh bahasa, ketuk ikon unduh di sebelah bahasa yang dibutuhkan. Setelah unduhan selesai, scroll ke atas halaman dan ketuk bahasa yang kamu butuhkan.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Membuat Konten dengan Hasil Epic 

<p>Memfoto pertunjukkan tari kecak saat malam hari dengan Galaxy S24 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Bikin konten tentunya wajib dilakukan saat traveling. Berikut beberapa tips dari Marischka untuk memaksimalkan kamera di Galaxy S24 Series guna mendapatkan footage terbaik dengan lebih praktis kapan pun dan di mana pun.

Agar proses pengambilan konten ataupun footage semakin mudah, Marischka memanfaatkan shortcut ke aplikasi kamera menggunakan fitur Camera Quick Load Widget. 

Tak hanya buka kamera dengan cepat, widget juga memungkinkan pengguna mengatur mode apa yang ingin diakses secara cepat. 

Baginya, mengatur widget sesuai mode kamera yang diinginkan jadi hal yang sangat membantu saat bikin konten. 

Pasalnya, pengguna jadi tak perlu berulang-ulang menyesuaikan pengaturan kamera setiap kali ingin mengambil foto atau video. 

Caranya mengaturnya pun mudah, tinggal mengikuti cara berikut:

  • Tahan layar pada menu utama
  • Klik widget, dan pilih kamera
  • Pilih mode kamera yang kamu mau untuk muncul di layar utama kamu.
  • Kamu bisa juga memilih antara kamera depan atau belakang.

Ia juga memberikan tips fitur kamera mana saja yang perlu dibuat Widget-nya, mulai dari Portrait Mode untuk mengambil gambar orang di tengah pemandangan saat berwisata alam. 

Lalu, Night Mode untuk mengambil foto di malam hari. Serta Dual Rec mod untuk mengambil gambar dari dua lensa dengan satu kali take, untuk hasil fotonya pun bisa disimpan secara terpisah (jadi dua file) atau jadi satu file. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.