Sukses

Galaxy S24 FE Bakal Pakai Chipset Exynos 2400 di Beberapa Wilayah

Samsung Galaxy S24 FE, penerus Galaxy S23 FE, akan diluncurkan tahun ini dengan chipset Exynos 2400 di sebagian besar negara.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung sedang bersiap untuk meluncurkan lini smartphone baru, sekaligus penerus seri Galaxy S23 FE untuk dirilis tahun ini.

Galaxy S24 FE dan generasi sebelumnya sendiri adalah deretan ponsel yang mengisi "posisi", antara ponsel flagship dengan terjangkau.

Seperti lini FE sebelumnya, Samsung selalu menampilkan deretan HP Android ini memiliki performa dan ragam fitur flagship, tetapi harga terjangkau.

Seperti Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus, ponsel Galaxy S24 FE akan ditenagai dengan chipset Exynos 2400 di sebagian besar negara, sebagaimana dikutip dari Fonearena, Senin (4/3/2024).

Meski begitu, leaker @OreXda mengklaim ada kemungkinan Samsung bakal merilis varian Galaxy S24 FE dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 di sejumlah negara.

Rumor lain yang mencuat belakangan ini tentang Galaxy S24 FE adalah peningkatan di sisi RAM, kini hadir sebesar 12GB--seri sebelumnya 8GB.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan internalnya, HP Android ini akan tersedia dalam pilihan 128GB hingga 256GB.

Walau spesifikasi layar ponsel ini belum diketahui secara pasti, besar kemungkinan HP Samsung ini akan menggunakan panel AMOLED.

Ponsel ini juga akan mempertahankan kapasitas baterai seperti Galaxy S23 FE, yakni 4,500mAh dan sudah mendukung fast charging 25W.

Tak jauh berbeda dari S23 FE, pengguna juga akan menemukan HP Samsung baru ini menggunakan frame aluminium sehingga terlihat moderen dan menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Galaxy S25 Series Bakal Pakai Chipset Exynos di Seluruh Dunia

<p>Samsung resmi mengungkap keberadaan Samsung Galaxy S24 di event Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, AS.Tiga model smartphone dirilis sekaligus, yakni Galaxy S24 yang punya layar 6,2 inci, Galaxy S24 Plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra yang memiliki layar 6,8 inci. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Galaxy S25 series memang masih lama diluncurkan, yaitu tahun depan. Namun, bocoran informasi tentang ponsel baru Samsung ini mulai beredar di internet.

disebutkan, Galaxy S25 series adalah kemungkinan Samsung menggunakan chipset Exynos untuk seluruh wilayah di dunia.

 Informsi ini dibagikan oleh @OreXda di media sosial X. Menurutnya, Samsung berencana untuk melengkapi lini Galaxy S25 mereka dengan Exynos--kemungkinan Exynos 2500.

Hal ini tentu saja berbeda dari Galaxy S24 series saat ini, di mana perusahaan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon di beberapa wilayah.

@OreXda juga menyebutkan, lini HP Android milik Samsung lainnya, Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 hanya akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4.

Sementara untuk lini kelas bawah dan menengah, Samsung akan pakai chipset dari MediaTek dan Samsung sendiri.

Namun, ini masih hanya sebatas rumor dan belum dikonfirmasi oleh Samsung atau leaker kenamaan lainnya.

Selain itu, masih belum banyak informasi tentang performa chipset Exynos 2500 milik perusahaan asal Korea tersebut.

Berkaca dari chipset di Galaxy S24 series saat ini, bukan hal tidak mungkin perusahaan akan menggunakan chipset buatan mereka sendiri di lini Galaxy Z, Galaxy S, atau Galaxy A mendatang. 

3 dari 5 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 6 Bakal Hadir dalam Dua Model

<p>Bocoran Desain Samsung Galaxy Z Fold 6 Terungkap, Minim Perubahan Bentuk. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Samsung dijadwalkan bakal menggelar ajang Galaxy Unpacked kedua tahun ini pada awal Juli 2024, dengan perangkat Galaxy Z Flip 6, Galaxy Z Fold 6, dan Galaxy Ring siap diumumkan.

Informasi ini diungkap oleh narasumber SamMobile, dan menyebutkan peluncuran HP layar lipat baru Samsung ini berlokasi di Paris, Prancis.

Selain bocoran tanggal dan lokasi peluncuran ponsel lipat tersebut, beredar kabar baru tentang HP Samsung Galaxy Z Fold 6.

Mengutip laporan WinFuture, Sabtu (2/3/2024), Samsung dikabarkan bakal merilis dua model Galaxy Z Fold 6, yakni standar dan ultra--mengikuti lini Galaxy S series.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Galaxy Z Fold 6 model standar akan menggunakan kode nama "Q6" dan Galaxy Z Fold 6 Ultra akan pakai "Q6A". 

4 dari 5 halaman

Beda Galaxy Z Fold 6 Standar dengan Ultra

<p>Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring Bakal Debut di Paris pada Juli 2024. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Lalu apa perbedaan dari model standar dan ultra? Saat ini masih belum diketahui secara pasti, namun besar kemungkinan model ultra bakal mengusung kamera 200MP ISOCELL HP2.

Bila memang benar, maka Galaxy Z Fold 6 Ultra akan menggunakan kamera yang sama Samsung pasang di Galaxy S24 Ultra.

Selain itu, disebutkan Z Fold 6 Ultra akan menawarkan opsi dukungan stylus, RAM lebih besar, dan kapasitas memori internal lebih lega.

Tak hanya itu, beberapa meyakini HP Samsung model ultra ini akan memiliki layar cover dan panel di dalam lebih besar dari generasi saat ini.

Perlu diingat, ini masih sebatar prediksi dan rumor yang ramai beredar di internet. Kita akan mengetahui lebih detail dengan semakin mendekatnya ajang Galaxy Unpacked pada Juli 2024 nanti.

5 dari 5 halaman

Bocoran Samsung Galaxy Z Flip6

<p>Bocoran Samsung Galaxy Z Flip6: Kapasitas Baterai Lebih Besar dan Pakai Kamera 50MP. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Setelah bocoran Galaxy Z Fold6 meluncur di internet, kini giliran bentuk Galaxy Z Flip6 diungkap lewat gambar render.

Berdasarkan render, Galaxy Z Flip6 tidak mengalami perubahan besar-besaran seperti saat Samsung umumkan hadirkan layar cover lebih besar dan engsel lebih baik di Z Flip5.

Kini di HP Android layar lipat generasi baru tersebut, Samsung lebih "memoles" desain ponsel teranyarnya tersebut ketimbang perubahan besar.

Hal pertama yang berbeda adalah ketebalan ponsel. Mengutip GSM Arena, Jumat (1/3/2024), Galaxy Z Flip6 memiliki ukuran 165.0 x 71.7 x 7.4mm saat dilipat.

Dibandingkan dengan Flip5 yang hanya berukuran 165.1 x 71.9 x 6.9mm, diduga ponsel ini lebih tebal karena peningkatan di kapasitas baterai.

Dari laporan sebelumnya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4,000mAh (lebih besar dari 3,700mAh di generasi sebelumnya).

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.