Sukses

Telkomsel Gelar Solution Day 2024, Tawarkan Solusi Digital ke Korporat untuk Dukung Transformasi Digital

Telkomsel Enterprise mengadakan Solution Day 2024, ajang yang memperkenalkan solusi digital terkini untuk sektor korporasi dan industri.

 

Liputan6.com, Jakarta - Telkom dan Telkomsel melalui Telkomsel Enterprise menggelar Solution Day 2024 guna mendorong transformasi digital di sektor korporat dan industri.

Lewat Solution Day 2024, Telkomsel memperkenalkan berbagai solusi bisnis berbasis digital kepada konsumen mereka di sektor korporasi dan industri.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R mengatakan, “Telkom Group berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan enterprise dalam mendorong pertumbuhan bisnisnya, melalui digitalisasi proses, layanan dan platform sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi."

Dengan kehadiran Solution Day 2024 ini, Telkomsel ingin memberikan wawasan kepada para pelanggan dalam berbagai use case, terutama solusi mobile dari Telkomsel. Dengan begitu, bisnis bisa memaksimalkan diri dalam mendorong perekonomian Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan Telkomsel berupaya menghadirkan solusi baik horizontal maupun vertikal yang dikembangkan berdasarkan tren industri dan kebutuhan pelaku bisnis.

Pria yang karib disapa Nugie ini mengatakan, Solution Day 2024 akan menjadi wadah inspiratif berfokus pada penerapan inovasi solusi digital komprehensif dan esensial dalam mengakselerasi bisnis sekaligus menciptakan nilai tambah yang berdampak positif bagi para pelanggan Telkom Group di segmen korporasi.

Lewat ajang ini, pelanggan sektor korporasi bisa memberikan masukan tentang solusi-solusi yang mereka butuhkan. Sementara, Telkomsel bisa mengedukasi pelanggan mereka tentang solusi digital terkini melalui kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking.

Ada lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024. Solusi tersebut dibagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Showcase di Telkomsel Solution Day 2024

<p>Telkomsel Solution Day 2024. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Lima showcase vertikal bisnis yang dijadikan fokus pada gelaran Solution Day 2024 antara lain Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur.

Untuk tujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital yakni Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud and Security Solution.

Dalam kesempatan yang sama, Telkomsel Enterprise juga hadirkan platform komunikasi canggih yang akan jadi masa depan dari perpesanan melalui Rich Communication Services (RCS) hasil kolaborasinya dengan Google.

Lewat layanan RCS ini, pelanggan sektor korporat bisa meningkatkan layanan SMS dengan tingkat interaktivitas lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, obrolan grup, dan tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Pelanggan segmen korporasi juga dapat menggunakan fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RCS Business Messaging (RBM) kepada konsumen melalui pesan yang lebih kaya dan interaktif sesuai kebutuhan bisnis.

Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.

3 dari 4 halaman

Perkenalkan Solusi Digihub

<p>Telkomsel Solution Day 2024, sebuah ajang memperkenalkan solusi digital Telkom dan Telkomsel kepada pelanggan sektor korporasi untuk mendukung transformasi digital (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Dalam acara ini, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi AI Generatif guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).

Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien.

Dengan begitu, solusi ini dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital. Lewat Digihub ini, Telkomsel menyediakan API berbasis CAMARA di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Aplikasi API CAMARA

Penerapan solusi ini diyakini bisa memudahkan verifikasi pelanggan oleh industri sehingga meningkatkan keamanan layanan mereka. Dicontohkan, lewat aplikasi API CAMARA, verifikasi oleh aplikasi bisa dilakukan dengan seamless, baik itu ke nomor Telkomsel hingga operator lainnya.

Tujuan adanya API CAMARA ini adalah untuk mencegah tindakan fraud. Contohnya bisa dipakai di industri finansial, ketika pelanggan hendak melakukan transaksi mereka butuh verifikasi lebih dahulu.

Dengan API CAMARA, proses verifikasi dilakukan melalui tiga hal yakni pengecekan apakah kartu SIM sudah berpindah device. Jika sudah berpindah perangkat, nantinya layanan finansial bisa menerapkan metode layer keamanan lain.

Lalu ada metode mobile number verification hingga device location. Ketiga layanan ini akan membantu bisnis memverifikasi pelanggan dengan lebih aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.