Sukses

7 Fitur dan Peningkatan iPhone 16 Pro Terbaru, Ini Bocorannya!

7 Fitur Baru iPhone 16 Pro yang Wajib Kamu Tahu! Bocoran terbaru iPhone 16 Pro menunjukkan peningkatan kamera, desain baru, dan banyak lagi!

Liputan6.com, Jakarta - Apple terkenal dengan kerahasiaannya dalam menjaga detail produknya, namun selalu ada celah bagi para pembocor untuk mengungkap informasi terbaru.

Bocoran kali ini membahas iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Dari rumor yang beredar, kali ini perusahaan berbasis di Cupertino, AS, itu akan memperkenalkan sejumlah fitur dan peningkatan.

Seperti apa peningkatan dan fitur baru iPhone 16 Pro ini Mengutip dari Macrumors, Senin (19/2/2024), berikut adalah bocorannya.

1. Chipset A18 Bionic

iPhone 16 Pro dan Pro Max digadang-gadang akan menggunakan chipset baru Apple yang diproduksi dengan teknologi 3nm TSCM seperti di chip A17 Pro.

Belum diketahui secara pasti apa penyebutkan chipset baru buatan Apple ini. Namun, besar kemungkinan perusahaan ini akan menggunakan nama A18 Pro.

Sementara untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hanya menggunakan A18 biasa. Dari bocoran yang beredar saat ini, chipset A18 ini memiliki kemampuan Neural Engine yang ditingkatkan.

Dengan kemampua ini, maka performa iPhone 16 Pro untuk "belajar" AI atau bahasa mesin lebih baik dari sebelumnya.

2. RAM 8GB

iPhone 16 Pro dirumorkan akan memiliki RAM 8GB, yang merupakan peningkatan dari 6GB pada iPhone 15 Pro. Peningkatan RAM ini diharapkan dapat meningkatkan multitasking dan performa aplikasi.

3. Kamera 48MP

Baik iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki sensor kamera utama 48MP yang lebih canggih, sehingga dapat mengambil foto dan video lebih baik dari model iPhone saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Kapasitas Memori

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

iPhone 16 Pro diyakini bakal memiliki ruang penyimpanan hingga 1TB, dengan Apple menawarkan model 256GB dan 512GB.

iPhone 16 Pro 1TB mungkin menampilkan kecepatan baca dan tulis lebih lambat untuk menghemat biaya, menurut DigiTimes.

Situs tersebut mengklaim, Apple sedang mempertimbangkan untuk menggunakan memori flash NAND Quad-Level Cell (QLC) dengan kepadatan lebih tinggi, tetapi belum mengambil keputusan.

Ada juga rumor, model iPhone 16 Pro dapat menawarkan ruang penyimpanan hingga 2TB, namun hal ini belum dapat dikonfirmasi.

5. Desain Baru dengan Layar Bezel-less

Apple dikabarkan akan memperbarui desain iPhone 16 Pro dengan bezel yang lebih tipis dan notch yang lebih kecil. Desain ini akan memberikan pengalaman menonton yang lebih immersive.

6. Touch ID di Layar

Fitur Touch ID di layar diprediksi akan kembali hadir di iPhone 16 Pro. Fitur ini akan memberikan opsi biometrik tambahan selain Face ID.

7. Port USB-C

Uni Eropa telah mewajibkan semua perangkat elektronik untuk menggunakan port USB-C. Bocoran menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro akan menjadi iPhone pertama yang menggunakan port USB-C. Penting untuk diingat bahwa informasi ini masih merupakan bocoran dan belum dikonfirmasi secara resmi oleh Apple.

3 dari 4 halaman

Design dan Harga iPhone 16

<p>iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Credit: Apple</p>

Pada model iPhone baru ini, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga dirumorkan akan memasang tombol tambahan seperti di iPhone 15 Pro Action Button.

Diyakini, Apple sepertinya akan memasang tombol haptic untuk iPhone 16 Pro. Ada juga bocoran untuk tombol "capture" di sisi kanan bodi iPhone.

Tombol ini dapat dipakai untuk memotret atau mengatur zoom in dan out, sehingga membuat iPhone terasa menggunakan kamera.

Lalu berapa harga iPhone 16 series saat diluncurkan? Untuk seri iPhone 16, Apple akan kembali ke jadwal normal dan meluncurkan seri iPhone 16 pada September 2024.

Untuk harga, diperkirakan seri iPhone 16 akan memiliki kisaran harga sama dengan seri iPhone 15, yaitu:

  • iPhone 16 : Rp 14 juta lebih
  • iPhone 16 Plus : Rp 16 juta lebih
  • iPhone 16 Pro: Rp 19 juta lebih
  • iPhone 16 Pro Max: Rp 21 juta lebih
4 dari 4 halaman

iPhone SE Terbaru Bakal Pakai Dynamic Island?

Apple iPhone SE 4 Render. (Dok: GizmoChina)

Sebuah bocoran mengenai rumor kehadiran iPhone SE 4 beredar di internet. Salah satunya adalah bocoran tentang desain iPhone SE 4 yang keberadannya belum dipastikan oleh Apple.

Sebelumnya disebutkan kalau iPhone SE generasi keempat akan mengusung desain mirip iPhone 14. Berbeda dengan iPhone 14, iPhone SE 4 dalam bocorannya disebut hanya akan memiliki satu kamera.

Meski begitu, iPhone SE 4 akan mengusung layar Dynamic Island. iPhone SE 4 dikabarkan bakal rilis tahun 2025.

Mengutip Apple Insider, Minggu (11/2/2024), leaker bernama Majin Bu di X alias Twitter mengungkapkan, iPhone SE bisa terlihat sama dengan iPhone 16 namun memiliki dimensi serupa dengan iPhone XR.

Sayangnya, dalam unggahan selanjutnya, Majin Bu mengatakan, infomasi tersebut tak perlu terlalu diseriusi.

Sementara itu, menurut rumor yang beredar, desain iPhone 16 yang bakal rilis tahun ini akan memiliki kemiripan dengan iPhone 15.

iPhone 15 memiliki sedikit lengkungan di bagian dasar bingkai aluminiumnya, namun terlepas dari itu, perangkat ini terlihat seperti iPhone 14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.