Sukses

Fitur Circle to Search Sambangi Pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Menurut laporan terbaru, Google telah menggulirkan fitur Circle to Search untuk pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Circle to Search dilaporkan sudah mulai digulirkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur ini merupakan kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai gambar atau teks secara otomatis. Pengguna cukup melingkari atau mencoret objek yang tampil di layar, lalu informasi seputar objek tersebut akan ditampilkan langsung di layar.

Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (4/2/2024), fitur ini kini sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sebelumnya, Google memang menyebut kalau fitur ini akan digulirkan ke pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan laporan sejumlah pengguna, kehadiran fitur ini dilakukan langsung melalui server. Karenanya, pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu melakukan update aplikasi atau firmware untuk bisa merasakan fitur ini.

Pengguna juga disebut tidak akan menerima notifikasi apabila fitur ini sudah bisa diakses. Untuk itu, pengguna harus langsung menjajal fitur ini untuk mengetahui apakah Circle to Search sudah hadir di perangkat mereka.

Saat ini, akses untuk fitur Circle to Search memang masih terbatas di lini Galaxy S24 dan Google Pixel 8. Belum ada informasi kapan fitur ini akan digulirkan untuk perangkat Android lain, tapi ada laporan lain menyebut kalau fitur ini akan terbuka ke perangkat lain di Oktober 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Gunakan Fitur Circle to Search di Samsung Galaxy S24 Series, Mau Coba?

Sebagai informasi, Circle to Search adalah salah satu fitur Galaxy AI yang Samsung tanamkan di perangkat ponsel baru mereka, yakni Galaxy S24 series.

Dengan Circle to Search ini, pengguna dapat mencari berbagai informasi tentang gambar atau teks secara otomatis.

Pengguna Galaxy S24 series cukup melingkari atau mencoret objek yang tampil di layar, dan secara otomatis Galaxy AI di ponsel akan mencari informasi objek tersebut.

Saat ini, fitur Circle to Search dapat pakai di berbagai aplikasi mulai dari kamera hingga YouTube. Sayangnya, fitur ini masih belum mendukung pencarian langsung dari Netflix.

Sebelumnya, Samsung mengatakan fitur Circle to Search ini akan mendukung seluruh aplikasi, termasuk Netflix.

"Akan kita info ke tim Samsung, dan segera menggulirkan pembaruan fitur Circle to Search dalam waktu dekat ini," ucap pihak Samsung kepada Liputan6.com.

Penasaran bagaimana cara pakai fitur Circle to Search ini? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Cara Pakai Fitur Circle to Search

  • Klik dan tahan tombol "home" di HP Android Galaxy S24 series, entah sedang membuka kamera, YouTube, atau lainnya. 
  • Gunakan jari atau S Pen Anda untuk melingkari atau mengetuk objek yang Anda minati di HP Android.
  • Setelah jari atau S Pen Anda dilepaskan dari layar ponsel, pencarian web akan dimulai.
  • Anda akan melihat hasil pencarian muncul di kartu dari bawah layar HP Galaxy S24, dan bisa swipe ke atas untuk melihat lebih banyak hasil dan informasi.
  • Anda bisa mengetik di bilah pencarian untuk menyempurnakan hasil pencarian, dan merujuk ke objek yang dilingkari di layar Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, atau Galaxy S24 Ultra. 
3 dari 3 halaman

Manfaat Circle to Search

Lewat fitur Circle to Search ini, Anda dapat mencari informasi tentang gambar atau teks tanpa harus keluar dari aplikasi atau mengetik pertanyaan pencarian.

Fitur baru Galaxy S24 series ini juga dapat dipakai untuk mencari informasi tentang gambar atau teks di semua aplikasi yang memungkinkan tangkapan layar, termasuk galeri, web, media sosial, dan lainnya.

Seperti disebutkan, Anda dapat mencari informasi tentang gambar atau teks saat sedang menonton video.

Tips dan Trik Pakai Circle to Search di Samsung Galaxy S24 Series

  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat menggunakan fitur ini.
  • Anda bisa lingkari, coret, atau membuat garis sekitar objek atau teks yang jelas dan terlihat dengan baik di layar Anda.
  • Usahakan untuk tidak melingkari objek atau teks terlalu besar atau terlalu kecil, terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau terlalu rumit atau terlalu sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini