Sukses

Samsung Galaxy S24 Series Lampaui Batas Kemampuan Kamera HP Android di Pasaran Saat Ini Berkat AI

Samsung Galaxy S24 series menghadirkan teknologi AI di kamera smartphone, sehingga membuat ketiga ponsel baru ini lebih unggul dari pesaingnya.

Liputan6.com, San Jose - Samsung baru saja meluncurkan lini ponsel terbaru mereka dalam ajang Galaxy Unpacked 2024, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Dalam peluncuran Galaxy S24 series, terlihat bagaimana Samsung menjanjikan pengalaman baru bagi pengguna ponselnya ini dengan teknologi bernama Galaxy AI.

Selain aspek komunikasi, kreativitas, hingga pencarian sudah didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), Galaxy S24 series tampil semakin mumpuni dalam hal kemampuan kameranya.

Selain itu, kemampuan AI di Galaxy S24 series ini juga membuat kamera di ponsel tampil menonjol ketimbang dari HP Android dan iOS lainnya di pasaran.

"Teknologi AI di kamera Samsung Galaxy S24 series bertujuan untuk menyediakan pengalaman digital holistik mulai dari pengambilan gambar, editing, hingga berbagi ke platform media sosial," ungkap EVP Joshua Cho, Head of Visual Solution team, Mobile eXperience Business kepada media di Samsung Research AS, Mountain View.

Berbekal Pro Visual Engine, Samsung dapat memboyong lebih dari 100 model AI untuk meningkatkan performa kamera dan pengalaman pengguna HP Samsung baru ini.

"Kini kemampuan Zoom dan Nightopgrahy di Galaxy S24 series semakin baik, ditambah dengan kemampuan baru HDR dan Generative Edit," ucap Joshua.

Dalam paparannya kepada media di Samsung Research America (SRA), Joshua mengatakan NPU (Neural Processing Unit) atau akselerator AI ini sudah terpasang di Galaxy S10.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Mulai Adopsi AI 5 Tahun Lalu

<p>EVP Joshua Cho, Head of Visual Solution team, Mobile eXperience Business, saat ditemui di Samsung Research America, Mountain View, CA. (Doc: Ist)</p>

Dalam paparannya kepada media di Samsung Research America (SRA), Joshua mengatakan NPU (Neural Processing Unit) atau akselerator AI ini sudah terpasang di Galaxy S10.

"Kita pertama pakai NPU di Galaxy S10 dengan 4 model AI, tapi kini di Galaxy S24 ada sekitar 24," ujarnya.

Yup, Samsung membutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk mengembangkan AI hingga sekarang seperti Galaxy AI di trio Galaxy S24 series.

Perusahaan asal Korea ini juga semakin "menggila" dengan teknologi AI di kamera smartphone baru mereka, dengan kemampuan untuk mengurangi noise saat merekam video.

Dibantu dengan algorithme AI, kini pengguna dapat mengambil video tanpa harus khawatir apakah akan muncul noise banyak di hasil rekaman.

"Mempertimbangkan gerakan kamera dan objek, kamera di Galaxy S24 series dapat mengurangi noise di frame," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Canggih Lainnya di Kamera Galaxy S24 Series

<p>Samsung resmi mengungkap keberadaan Samsung Galaxy S24 di event Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, AS.Tiga model smartphone dirilis sekaligus, yakni Galaxy S24 yang punya layar 6,2 inci, Galaxy S24 Plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra yang memiliki layar 6,8 inci. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Masih banyak lagi fitur-fitur canggih berbasis AI di kamera Galaxy S24 series ini, beberapa diantaranya adalah:

Instant slow-motion, di mana AI di ponsel akan membuat frame tambahan hingga 30 gambar pada video yang sudah diambil.

Dengan kemampuan ini, video slow-motion akan terlihat lebih mulus. Ada juga Generative Edit, di mana pengguna dapat memilih objek foto dan memindahkannya ke tempat lainnya.

Nantinya, frame yang "bolong" akan diisi secara otomatis menggunakan AI generatif. "AI juga dapat mengubah latar belakang sehingga terlihat lebih menarik," kata Joshua.

Joshua juga memperlihatkan bagaimana AI di kamera Galaxy S24 series ini dapat menghilangkan refleksi di kaca atau bayangan.

Ini hanya beberapa dari sekian banyak kemampuan AI Samsung tanamkan ke dalam kamera Galaxy S24 series.

Dengan kemampuan di Galaxy S24 series, Samsung berharap pengguna bisa mengeksplorasi kreativitas mereka tanpa batas dengan kamera didukung oleh Galaxy AI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini