Sukses

Gibran Ungkap Strategi Dukung Pembangunan Rendah Karbon di Indonesia

Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan strateginya untuk melakukan pembangunan rendah karbon di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Cawapres 2024 kembali digelar di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu (21/1/2024). Debat kali ini mengambil tema mengenai energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Pada debat kali ini, Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menjelaskan rencananya untuk mendukung pembangunan rendah karbon yang berkeadilan.

Ia menuturkan, pembicaraan soal karbon juga perlu menyinggung soal masalah pajak karbon, carbon storage, serta carbon capture.

"Ke depan, tentu kita harus mendorong transisi menuju energi hijau. Kita tidak boleh ketergantungan pada energi fosil. Kita dorong terus energi hijau yang berbasis bahan baku nabati," tutur cawapres Prabowo Subianto tersebut.

Lebih lanjut ia menuturkan, pengembangan energi hijau berbasis bahan baku nabati itu juga terbukti mampu menurunkan nilai impork minyak Indonesia, lewat pengembangan bioetanol dan biodisel, yakni B35 dan B40.

Hal ini juga disebut meningkatkan nilai tambah produksi sawit di dalam negeri, sekaligus lebih ramah lingkungan.

"Sekali lagi, tantanganya di sini adalah mencari titik keseimbangan atau titik tengah. Kita ingin menggenjot hilirisasi industri, tapi kita juga wajib menjaga kelestarian lingkungan," tuturnya.

Ia juga mengatakan ingin meningkatkan produktivitas petani dan sektor maritim, sekaligus menjaga keseimbangan alam. Untuk itu, ia mengatakan, dalam pelaksanaannya wajib dilakukan analisa lingkungan, termasuk sustainibility report.

"Jangan sampai ada alih fungsi lahan yang sekiranya merugikan pengusaha lokal, UMKM lokal, atau pun masyarakat adat setempat," ujar Gibran.

Ia menyorot soal potensi besar dari energi terbarukan yang dimiliki Indonesia, seperti energi surya, angin, air, bionergi dan panas bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Debat Cawapres 21 Januari 2024 Jadi Trending Topic, Warganet: Baru Mulai Cak Imin Udah Open War

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com sekitar pukul 19.46, ada lebih dari 8.000 cuitan yang berkaitan dengan #DebatCawapres.

 Kebanyakan dari mereka menyinggung menyinggung Cak Imin yang dinilai sudah melakukan serangan saat memaparkan visi dan misinya di sesi awal Debat Cawapres.

"NI BARU PEMAPARAN VISI MISI TAPI UDH OPEN WAR AJA INI CAK IMIN PELAN PELAANNN CAAAKK," tulis @jamg***

"wkwkwk baru jg awal cakkkk udah nyelepet aje🤣 #DebatCawapres," cuit @ujit***

"Cak Imin meniru model dan gaya anies menyerang, tapi kok mimik wajahnya ga meyakinkan layaknya pak anies, kalau menyerang jadi kelihatan lucu kayak hafalan jadinya, lebih baik jadi diri sendiri cak kayak biasanya aja slepet-slepet," papar @cin***

Selain itu, warganet juga menyinggung topik soal topik hilirisasi.

"Hilirisasi dah disebut 3x #DebatCawapres," tulis @bund***

"Hilirisasi waeee #DebatCawapres," timpal @nsa***

"AGAINNN HILIRISASII #DebatCawapres," kicau @rey***

Selain #DebatCawapres, sejumlah tagar yang juga masuk trending topik antara lain #AMINAjaDulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini