Sukses

Google Hapus 17 Fitur dari Google Assistant, Cek di Sini Daftarnya

Google menghapus 17 fitur yang ada di Google Assistant, perusahaan juga menghadirkan alternatif dari fitur yang dihapus. Cek di sini fitur apa saja yang dihapus.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah fitur yang tidak dibutuhkan dari Google Assistant bakal dihapus dan masuk ke kuburan Google. Ya, Google dikabarkan akan menghapus setidaknya 17 fitur yang tak terlalu dibutuhan di Google Assistant.

Mengutip The Verge, Jumat (12/1/2024), fitur yang dihapus meliputi kemampuan untuk memakai suara pengguna untuk mengirimkan email, video, atau pesan suara.

Google dikabarkan hadirkan peningkatan yang akan membuat fitur-fitur tersebut lebih mudah dipakai.

Bukan hanya itu, perusahaan juga mengubah bagaimana mikrofon bakal bekerja di aplikasi Google dan kotak Pixel Search.

Mulai 26 Januari 2024, para pengguna yang mengaktifkan satu dari 17 fitur yang dihapus dari Google Assistant akan mendapatkan pemberitahuan bahwa fitur tersebut akan dihentikan. Adapun kebanyakan fitur akan dihapus secara permanen mulai 26 Februari 2024.

Kabar ini hadir sehari setelah Google mengumumkan pihaknya mem-PHK sekitar 1.000 karyawan. Di mana sebagian adalah mereka yang bekerja untuk Google Assistant.

Penghapusan fitur-fitur di Asisten Google ini bakal berdampak pada perangkat mobile, smartwatch, hingga speaker pintar atau perangkat display. Kendati demikian, Google menawarkan pengganti yang bisa mereplikasi sejumlah fungsionalitas yang hilang.

Sejumlah fitur lain seperti layanan integrasi meditasi Calm dihapus seluruhnya. Para pengguna pun diberikan alternatif atau pengganti, meski tidak secara langsung selaras dengan banyak fitur yang dihapus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar Fitur Google Assistant yang Dihapus:

Berikut adalah daftar lengkap fitur Google Assistant yang dihapus, sebagaimana diumumkan oleh Google:

  • Memainkan dan mengontrol audiobook di Google Play Books dengan suara pengguna. Pengguna masih tetap bisa men-cast buku audio dari smartphone mereka
  • Mengatur atau menggunakan alarm media, alarm musik, atau alarm radio pada perangkat yang didukung Google Assistant. Pengguna bisa membuat Rutinitas kustom yang memiliki perilaku serupa atau memakai alarm standar.
  • Mengakses atau mengelola buku masak, mentransfer resep dari perangkat ke perangkat, memutar video resep instruksional atau menunjukkan resep langkah demi langkah. Pengguna dapat memakai Google Assistant untuk mencari resep di seluruh web dan YouTube.
  • Mengelola stopwatch di Smart Display dan speaker. Pengguna masih bisa mengatur timer dan alarm.
  • Menggunakan suara pengguna untuk menelepon perangkat atau siarkan pesan ke grup keluarga Google. Pengguna juga masih bisa siarkan ke perangkat di rumah.

 

3 dari 5 halaman

Perintah Suara untuk Kirim Email juga Dihapus

  • Memakai suara untuk mengirim email, video, pesan audio. Pengguna masih bisa melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.
  • Mengubah jadwal acara di Google Calendar dengan suara. Pengguna masih bisa menjadwalkan acara baru.
  • Menggunakan App Launcher dalam mode berkendara Google Assistant di Google Maps untuk membaca dan mengirim pesan, melakukan panggilan, dan mengontrol media. Pengguna masih bisa memakai kontrol suara di Google Maps dengan cara yang sama.
  • Meminta untuk menjadwalkan atau mendengar pengumuman Family Bell yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Pengguna dapat membuat Rutinitas kustom yang memiliki perilaku serupa.
  • Meminta untuk meditasi dengan Calm, pengguna masih dapat meminta opsi meditasi dengan penyedia media seperti YouTube.
  • Kontrol suara unutuk kegiatan tidak akan lagi ada di Fitbit Sense dan Versa 3. Pengguna perlu memakai tombol di perangkat untuk memulai, menghentikan, menjeda, dan melanjutkan kegiatan. Pengguna masih bisa mengontrol kegiatan dengan suara di Pixel Watches.
4 dari 5 halaman

Pengguna Tak Bisa Periksa Itinerary Perjalanan dengan Perintah Suara

  • Melihat ringkasan tidur hanya akan tersedia di Google Smart Display, pengguna masih dapat meminta detail tidur dengan suara pada jam alarm pihak ketiga.
  • Panggilan yang dibuat dari speaker dan Smart Display tidak muncul dengan ID pangillan, kecuali kalau pengguna memakai Duo.
  • Melihat prakiraan waktu ambient "Berangkat Kerja" di Smart Display. Pengguna masih bisa menanyakan waktu berangkat dan mendapatkan petunjuk arah dengan suara.
  • Memeriksa itinerary perjalanan pribadi dengan suara. Pengguna masih bisa menanyakan status penerbangan.

 

5 dari 5 halaman

Membuat Reservasi hingga Menyuruh Upload ke Medsos

  • Meminta informasi tentang kontak pengguna. Pengguna masih bisa melakukan panggilan ke kontak mereka.
  • Meminta untuk melakukan tindakan tertentu dengan suara. Misalnya mengirim pembayaran, membuat reservasi, atau unggah ke medsos. Pengguna masih bisa meminta Assistant untuk membuka aplikasi yang terpasang.

Sejumlah perubahan juga dihadirkan pada aplikasi Google, yang akan memicu Search merespon ketika ikon mikrofon dipencet.

Pengguna tidak akan lagi bisa menggunakan mikrofon di kotak pencarian untuk melengkapi aksi, seperti menghidupkan lampu.

Perangkat Pixel juga akan terdampak hal ini, karena mikrofon pada kolom Pixel Search akan meluncurkan Voice Search alih-alih Assistant.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.