Sukses

Tak Bisa Terima Pesan di WhatsApp Web, Ini Cara Mengatasinya

Berikut adalah sejumlah cara mengatasi ketika WhatsApp Web tidak bisa menerima pesan atau pesan yang diterima terlambat.

 

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi, perusahaan menerapkan kebijakan dari rumah. Hal ini membuat penggunaan platform WhatsApp Web meningkat.

Kebiasaan untuk bekerja hibrid, di kantor dan di mana-mana pun membuat WhatsApp Web tetap relevan dipakai. Sayangnya, tak seperti di smartphone, WhatsApp Web mungkin kadang tak bisa menerima pesan atau lambat dalam menerima pesan.

Hal ini salah satunya terjadi karena masalah koneksi di laptop atau komputer hingga masalah koneksi WiFi itu sendiri.

Mengutip laman FAQ WhatsApp, Kamis (11/1/2024), berikut adalah hal yang perlu kamu cek ketika WhatsApp Web tak bisa terima pesan.

1. Koneksi Komputer atau Laptop

  • WhatsApp menyarankan agar pengguna memakai koneksi internet yang kuat dan stabil untuk memakai WhatsApp Web versi Desktop. Berikut cara mengecek koneksi internet di laptop kamu:
  • Buka WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp Desktop. Jika kamu melihat banner kuning dengan tulisan error "Komputer tidak terhubung" cek untuk memastikan koneksi internet dalam kondisi aktif.
  • Jika koneksi internet bekerja dengan normal tetapi kamu tetap tak bisa mengirim atau menerima pesan, refresh laman WhatsApp Web. Atau, kamu juga bisa keluar dari WhatsApp Web (lalu masuk lagi) atau me-Restart aplikasi WhatsApp di Desktop.
  • Jika masalah masih terjadi, coba logout dan login kembali ke WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp di Desktop.
  • Untuk WhatsApp Web, pengguna juga perlu memastikan bahwa mereka menggunakan versi terbaru dari browser, entah itu Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau Safari. Sementara, WhatsApp Web tidak didukung untuk penggunaan di Internet Explorer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cek Koneksi WiFi

Pengguna mungkin memakai koneksi WiFi untuk internet, mulai dari di kantor, perpustakaan, kampus, di mana jaringan internet tersebut mungkin diatur untuk membatasi koneksi ke WhatsApp. Kamu perlu memastikan hal ini.

Jika kamu menyadari kamu terhubung dengan jaringan WiFi yang melarang WhatsApp bekerja, pastikan koneksi bisa mem-bypass trafik ke web.whatsapp.com atau .whatsapp.net.

Kalau tak bisa juga, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk pakai WiFi tethering dari smartphone kamu agar bisa terhubung ke WhatsApp Web di laptop.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Web Terus Hadirkan Fitur Baru

WhatsApp sedang menguji pembaruan skema warna yang lebih gelap dan sidebar yang didesain ulang untuk versi WhatsApp web-nya. Pembaruan ini disebut-sebut bisa membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan estetika tampilan antarmuka platform chat ini.

Dilansir News18, Rabu (3/1/2024), pembaruan ini berbeda dengan dark mode WhatsApp yang sudah ada sejak lama. 

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur baru WhatsApp ini belum tersedia untuk pengguna maupun penguji beta. Saat ini, perusahaan baru mengembangkan fitur skema warna baru dan sidebar tersebut.

Meski demikian, diperkirakan WhatsApp akan segera menguji coba fitur baru ini. Dengan begitu, aplikasi chatting milik Meta ini akan terlihat lebih baik secara estetika untuk versi webnya.

Selain menambah nilai estetika, pembaruan ini bisa sangat bermanfaat dalam lingkungan dengan cahaya redup. Dalam hal ini transisi dari palet warna #111b20 ke #12181c akan menghadirkan perubahan yang halus namun berdampak. Selain itu juga membuat antarmuka lebih menyenangkan secara visual dan mengurangi ketegangan pada mata.

 

4 dari 4 halaman

Belum Tahu Kapan Tema Diterapkan di WhatsApp Web

Laporan dari WABetaInfo juga menambahkan, "Menurut pendapat kami, memperkenalkan skema warna baru untuk tema gelap tidak hanya meningkatkan daya tarik visual tetapi juga memenuhi keinginan pengguna yang semakin besar akan pengalaman yang didesain ulang. Kami percaya bahwa penambahan ini akan menjawab perubahan preferensi pengguna atas antarmuka yang didesain ulang.”

Langkah ini juga selaras dengan perubahan yang dibawa WhatsApp untuk aplikasi Android baru-baru ini, seperti bilah bawah dan skema warna baru dalam mode gelap. 

Meskipun demikian, masih belum jelas kapan pengguna akan melihat pembaruan ini tersedia untuk semua pengguna.

Sementara itu, WhatsApp juga sedang menguji kemampuan mem-posting pembaruan status pada versi web. Saat ini fitur tersebut sedang diluncurkan kepada pengguna yang menjalankan WhatsApp web beta versi 2.2353.59 di desktop mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.