Sukses

HaluApp Gelar Penghargaan Khusus untuk Dorong Kreativitas Cosplayer di Indonesia

Lewat ajang ini HaluApp mengajak masyarakat mengubah persepsi dan melihat potensi cosplayer.

Liputan6.com, Jakarta - Marketplace digital khusus wibu alias penggemar kebudayaan Jepang di Indonesia, HaluApp, menggelar penghargaan untuk mengapresiasi para cosplayer dan kreator ACG (anime, comic, dan gaming).

Rangkaian perhargaan bernama HaluApp Awards 2023 ini telah berjalan sejak 1 Desember 2023, ditandai dengan dimulainya pemungutan suara oleh seluruh masyarakat pada laman website HaluApp.

Klasemen 20 besar sementara akan diakumulasi pada 15 Januari 2024, dan berakhir pada 31 Januari 2024. Setelah itu akan ditutup dengan malam penghargaan HaluApp Awards 2023 pada 2 Februari 2024.

Lewat ajang ini HaluApp mengajak masyarakat mengubah persepsi dan melihat potensi cosplayer. Dengan total hadiah lebih dari Rp 100 juta, HaluApp siap mendorong cosplayer untuk terus berkarya.

Co-Founder HaluApp, Marcell Tee, menjelaskan pada malam HaluApp Awards 2023 akan diumumkan sejumlah peraih penghargaan tiga kategori.

"Kategori pertama, Wibu’s Choice Awards 2023, mengajak masyarakat memberikan suara dukungan untuk cosplayer favorit. Lalu kategori kedua, HaluApp Cosplayer MVP Awards 2023 yaitu penilaian kreator berdasar keberhasilan mengumpulkan pendapatan terbanyak di platform HaluApp," ucap Marcell melalui keterangannya, Rabu (10/1/2023).

Kategori ketiga, ia melanjutkan, yaitu Shining HaluStar Awards 2023 yang menjadi kategori spesial untuk cosplayer yang mau berkembang dan memaksimalkan potensi bersama HaluApp.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libatkan Masyarakat

Sementara itu, Andree Wijaya yang juga merupakan Co-Founder HaluApp, menilai HaluApp Awards 2023 tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan masyarakat Indonesia.

"Masyarakat Indonesia memiliki hak suara untuk mendukung cosplayer melalui laman website HaluApp. Semakin banyak dukungan yang diberikan masyarakat, kian tinggi kesempatan cosplayer untuk mendapatkan penghargaan dan hadiah," ucap Andree.

Guna menunjukkan transparansi pemilihan suara masyarakat untuk cosplayer, ia memaparkan bahwa sistem pemungutan suara dapat diakses secara langsung pada media sosial TikTok Halu.App.

3 dari 4 halaman

Perkembanga Subkultur Jepang di Indonesia

Di Indonesia sendiri, subkultur Jepang bertumbuh pesat ditandai banyaknya pagelaran acara mengusung tema tersebut dan mulai bermunculannya cosplayer baru.

Semakin masifnya keberadaan para cosplayer akan memunculkan kesenjangan dari masyarakat umum dan wibu, sebutan fans subkultur Jepang.

HaluApp mengamati, cosplayer seringkali diremehkan, dipandang sebelah mata, dan cenderung dianggap tidak serius di balik serangkaian unjuk giginya berdandan, mulai dari segi kostum, wig dan aksesoris, hingga make-up karakter yang dikenakan ketika merepresentasikan sebuah karakter yang mereka mainkan.

Berdiri sejak tahun 2022, HaluApp memiliki visi misi menggandeng cosplayer dan konten kreator di bidang ACG sebagai salah satu pilar subkultur Jepang di Indonesia untuk mematahkan persepsi publik bahwa cosplayer tidak hanya sebatas kostum dan riasan.

HaluApp dengan semangat membangun stereotip baru, memberikan tanda apresiasi kepada cosplayer dan membuktikan bahwa mereka pantas untuk mendapatkan panggung utama.

4 dari 4 halaman

Infografis Rudal Korea Utara Ancam Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.