Sukses

Render iPhone 16 Pro Ungkap Tampilan Desain, Hadir dengan Tombol Baru

Bocoran terbaru mengungkap desain render iPhone 16 Pro yang akan diperkenalkan pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 memang masih akan diperkenalkan pada September 2024, tapi bocoran soal seri iPhone terbaru ini sudah mulai bermunculan dari internet. Salah satunya berasal dari MacRumors yang membuat render berdasarkan purwarupa dari iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (10/1/2024), iPhone 16 Pro diketahui memiliki kode nama Diablo, sedangkan iPhone 16 Pro Max memiliki kode nama Lightning.

Dari bocoran itu diketahui kedua iPhone itu memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya. Kendati demikian, ada beberapa perubahan yang dihadirkan Apple.

Salah satunya adalah ukuran layar yang kini lebih besar, diukuran berdasarkan diagonal layar. Disebutkan, iPhone 16 Pro akan memiliki layar berukuran 6,27 inci. Sementara iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar berukuran 6,85 inci.

Selain itu, iPhone baru ini juga akan dibekali dengan tombol kapasitif baru yang diletakkan di bawah tombol power di sisi kanan bodi.

Tombol ini diprediksi akan menjadi perubahan besar yang dihadirkan Apple di iPhone 16 varian Pro. Tombol ini dikabarkan akan memiliki fitur yang dibekali dengan force sensor, dan diletkkan sejajar dengan bingkai ponsel.

Berdasarkan prediksi, tombol baru ini akan tersedia eksklusif untuk iPhone model Pro. Di iPhone 16, tombol ini disebut akan berfungsi sebagai pintasan untuk mengakses aplikasi kamera.

Selain tombol baru, lini iPhone 16 varian Pro ini diprediksi akan dibekali dengan lensa ultrawide 48MP. Lalu, varian Pro biasa akan mendapatkan 5x tetraprism zoom lens.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran iPhone 16 Pro Bakal Lebih Besar dari iPhone 15 Pro, Ini Bocoran Spesifikasinya

Untuk diketahui, Apple memang dilaporkan menghadirkan perubahan signifikan pada ukuran layar smartphone-nya. Perubahan ini dilakukan dengan peluncuran jajaran iPhone 16 tahun 2024.

Model iPhone 16 Pro disebut-sebut akan memiliki layar yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 15 Pro. 

Mengutip MacRumors, Senin (1/1/2024), berbagai sumber menyebutkan, Apple akan rilis iPhone 16 Pro yang memiliki layar berukuran 6,27 inci. Sementara iPhone 16 Pro Max akan menampilkan layar sebesar 6,85 inci.

Dengan peningkatan ukuran layar, dimensi bodi iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max juga akan sedikit lebih besar, menawarkan lebih banyak ruang internal untuk komponen perangkat. 

Faktor bentuk yang lebih besar membuka peluang bagi peningkatan baterai. Dengan begitu, iPhone 16 Pro memiliki peningkatan daya tahan baterai perangkat.

3 dari 4 halaman

Bocoran Lain Soal iPhone 16

Selain itu, Apple sedang menggagas penggunaan teknologi lensa mikro pada layar OLED iPhone 16 untuk mempertahankan atau meningkatkan kecerahan, sembari mengurangi konsumsi daya. 

Teknologi lensa mikro, atau MLA, menggunakan pola seragam dari miliaran lensa di dalam panel untuk mengurangi pantulan internal, meningkatkan kecerahan secara visual tanpa mengorbankan efisiensi daya.

Pada sisi lain, layar iPhone 16 diprediksi akan mengadopsi material OLED baru yang dikembangkan oleh Samsung secara khusus untuk Apple, memberikan tampilan yang lebih hemat daya. 

Dengan kombinasi teknologi canggih ini, iPhone 16 diharapkan memberikan pengalaman visual yang lebih baik sambil menjaga daya tahan baterai.

Namun, untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, tidak ada perubahan ukuran yang diharapkan, dan keduanya akan tetap memiliki dimensi yang sama dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Bakal Pakai iOS 18, Disebut Punya Fitur AI Ekslusif

Di samping itu, iPhone 16 dikabarkan akan hadir dengan fitur kecerdasan buatan (AI) eksklusif berkat iOS 18 yang diusungnya.

Menurut laporan News18, Kamis (16/11/2023), fitur-fitur baru ini mencakup peningkatan kinerja Siri, peningkatan kemampuan kamera, dan banyak lagi.

Menurut MacRumors, Apple akan mengungkapkan versi Siri turbo-charged yang didukung oleh model bahasa besar (LLM) pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Sejauh ini, Apple masih mempertimbangkan apakah fitur AI tersebut akan dijalankan di perangkat, di cloud, atau menggunakan pendekatan hybrid. 

Belum diketahui pula apakah fitur-fitur AI tersebut hanya dijalankan pada perangkat tertentu atau tersedia di semua perangkat yang dapat menjalankan iOS 18.

Meski demikian, menurut informasi baru yang dibagikan oleh @Tech_Reve, iOS 18 akan menghadirkan LLM baru perusahaan ke jutaan perangkat yang ada dengan menggunakan AI berbasis cloud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini