Sukses

Gempa Jepang Masuk Trending Twitter X, Warganet Ingatkan Soal Waspada Tsunami

Gempa baru saja mengguncang Jepang di hari pertama tahun 2024, yang disusul peringatan tsunami. Topik ini pun jadi trending di media sosial Twitter atau X.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dilanda gempa bumi bermagnitudo 7,4 pada hari ini, Senin (1/1/2024) waktu setempat.

Gempa Jepang ini dilaporkan terjadi di Prefektur Ishikawa, di mana kemudian juga dikeluarkan peringatan tsunami besar di wilayah tersebut.

Kabar gempa dan peringatan tsunami ini juga ramai dilaporkan di X (sebelumnya bernama Twitter). Sejumlah kata kunci terkait kejadian ini juga masuk ke jajaran trending dan banyak dicuitkan warganet.

Kata kunci "tsunami" saat artikel ini ditulis Senin sore mendapatkan 379 ribu unggahan, sementara "#Japan" dengan 22,6 ribu unggahan. Banyak warganet yang membagikan video kejadian tersebut.

Sementara di Indonesia, kata kunci seperti "Jepang" dan "Gempa" juga banyak diunggah. Soal gempa sendiri, warganet Tanah Air juga ada yang mencuitkan mengenai gempa Sumedang.

Terkait peringatan tsunami, banyak dari akun-akun X yang juga meminta masyarakat di Jepang untuk segera mengevakuasi dirinya ke daerah yang lebih tinggi. Namun ada juga yang memuji warga setempat yang tampak sudah lebih terlatih menghadapi bencana.

 

 

Sebelumnya, peringatan tsunami besar telah dikeluarkan di prefektur Ishikawa, Jepang, menurut laporan lembaga penyiaran nasional NHK, setelah serangkaian gempa bumi  bermagnitudo 7,4 – yang berkekuatan awal magnitudo 7,6 – melanda wilayah barat negara tersebut.

Mengutip The Guardian, Senin (1/1/2024). Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang wilayah pesisir Prefektur Niigata dan Toyama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peringatan Soal Aliran Air

NHK TV memperingatkan aliran air yang deras bisa mencapai ketinggian 5 meter dan mendesak masyarakat untuk mengungsi ke dataran tinggi atau puncak gedung terdekat secepat mungkin.

Outlet berita tersebut melaporkan bahwa tsunami dengan ketinggian 1,2 meter mencapai Kota Wajima di Ishikawa dan tsunami lainnya mencapai 40 cm tercatat di Kota Kashizawaki.

Laporan kerusakan akibat gempa bumi Jepang terkini itu tidak segera tersedia. Rekaman yang belum diverifikasi yang diposting ke X menunjukkan gelombang air naik ke kanal di prefektur Ishikawa.

Badan meteorologi Korea Selatan mengatakan permukaan air laut di provinsi timur Gangwon bisa naik setelah gempa bumi terjadi.​ Intensitas tujuh pada skala Jepang 0 hingga tujuh diamati di Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa.

Menurut NCM, gempa bumi itu dilaporkan melanda wilayah Nanao, Ishikawa, Jepang.

3 dari 3 halaman

Infografis Journal Minimnya Kewaspadaan Terhadap Bencana Gempa Bumi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.