Sukses

Samsung Siap Rilis Galaxy S24 Ultra dengan Kamera AI 200MP, Mampu Mengenali 12 Jenis Objek

Samsung dikabarkan akan membawakan teknologi AI ke fitur kamera Galaxy S24. Fitur ini nantinya akan mempercantik foto mode malam dan juga bisa mengenali 12 objek foto.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diantisipasi akan mengguncang pasar smartphone pada pertengahan Januari 2024, dengan Galaxy S24 Ultra direncanakan akan membawa kamera terbaik perusahaan ini, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (22/12/2023)

Berita terbaru mengungkapkan peningkatan pada mode Night untuk model HP Samsung Galaxy S24 Ultra, sementara mode 200 MP akan mendapatkan optimasi AI signifikan.

Algoritma canggih di HP Android ini akan mengenali hingga 12 jenis objek, menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, menurut Ice Universe.

Menurut beberapa laporan kami sebelumnya, pengenalan 12 jenis objek ini dapat terjadi berkat hadirnya model AI machine learning yang selama ini dikait-kaitkan dengan Galaxy AI.

Sebagai informasi, Machine Learning dapat mengidentifikasi banyak objek sekaligus untuk kemudian dikelompokkan sesuai input sudah dilatih, misalkan bangunan, orang, kendaraan, hewan, dan masih banyak lagi.

Selama ini, Samsung sendiri telah menggunakan AI di kamera mereka untuk mengidentifikasi objek bulan dan membantu pengguna mendapatkan gambar yang lebih baik. 

Untuk diketahui, Galaxy S24 Ultra akan menjadi satu-satunya perangkat dalam lineup yang secara eksklusif menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Platform ini menjanjikan operasi AI yang hebat, dan Galaxy S24 Ultra sepertinya akan sepenuhnya memanfaatkan fitur-fitur canggih ini.

Di sisi lain, Galaxy AI diharapkan muncul pada tahun depan, dan hal ini selaras dengan perilisan ponsel ini. Adanya laporan yang menyebutkan bahwa Gemini AI akan hadir di beberapa chipset flagship seperti yang dimiliki Galaxy S24 Ultra ini juga menguatkan potensi adopsi AI di ponsel ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HP Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Pakai Fitur Kamera Mirip iPhone 15?

Seperti yang kita tahu, Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi lini HP paling dinanti kehadirannya di pasaran tahun depan atau 2024 mendatang.

Hadir sebagai seri paling premium di Galaxy S24 series, bocoran tentang HP Android ini kembali mencuat di internet.

Kali ini, leaker bernama Ahmed Qwaider mengunggah bocoran informasi tentang Galaxy S24 Ultra di X (sebelumnya bernama Twitter).

Dilansir Digital Trends, Rabu (20/12/2023), Samsung disebut-sebut bakal mengadopsi kemampuan resolusi kamera 24MP iPhone 15 series ke Galaxy S24 Ultra.

Bila benar, maka ini akan menjadi peningkatan besar dari resolusi kamera di Galaxy S23 Ultra yang hanya 12MP.

Walau saat ini banyak HP Android menggunakan opsi kamera 50MP dan 200MP, nyatanya resolusi ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan sering kali tidak digunakan.

Lalu apa yang membuat resolusi kamera 24MP di Galaxy S24 Ultra begitu penting? Secara teori, ini akan menciptakan keseimbangan antara kualitas foto dan kebutuhan kapasitas penyimpanan.

 

 

3 dari 4 halaman

Membawakan Teknologi AI

Tak hanya itu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga akan menyertakan fitur baru bernama Photo Remaster. Apa itu?

Dengan ini, pengguna dapat "mempercantik" foto dengan satu kali tap dibantu teknologi kecerdasan buatan (AI).

Disebutkan, fitur ini sangat mirip yang ditemukan di laptop Samsung Galaxy Book 4. Photo Remaster akan tersedia dalam tiga pilihan, Portrait, Remaster atau Delete.

Selain itu, Samsung juga menyertakan filter kepadatan netral untuk pengambilan foto dengan 24MP RAM di kamera HP Galaxy S24 Ultra.

Filter ini nantinya akan membantu pengguna meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi cahaya yang masuk ke lensa kamera.

Bila rumor ini benar, maka seri penerus Galaxy S23 Ultra berpotensi menjadi HP Android untuk pengguna yang gemar memotret hingga seorang fotografer profesional sekalipun.

Beruntung, kita dapat mengetahui semua hal tersebut dalam waktu dekat ini. Dari informasi di internet, Samsung sedang bersiap menggelar Galaxy Unpacked 2024 bulan Januari mendatang.

4 dari 4 halaman

HP Android Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra Lolos TKDN

Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra disebut-sebut akan diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2024 tahun depan.

Samsung rumornya akan mengungkap kehadiran Galaxy S24 series di San Jose, Amerika Serika (AS) pada 17 Januari 2024, dan memulai penjualan pertamanya pada 30 Januari.

Kabar baiknya, fans Samsung sepertinya tidak perlu menunggu lama untuk membeli seri penerus Galaxy S23 series ini di Indonesia.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (5/12/2023), HP Samsung dengan nomor model SM-S921B, SM-S926B, dan SM-S928B sudah muncul Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Berdasarkan penelusuran, HP Android dengan nomor model SM-S921B, SM-S926B, dan SM-S928B itu adalah Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra versi global.

Dari database situs Kemenperin tersebut, ketiga ponsel sudah memiliki nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 35.40 persen.

Dengan kehadiran tiga perangkat itu di situs TKDN, hanya tinggal menunggu waktu Samsung mengumumkan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra itu.

Hingga kini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut masih tutup mulut tentang kapan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra baru itu di pasar global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini